Search

Israel Tidak Lagi Menyetujui Bantuan Pangan Unrwa ke Gaza Utara

Aulanews.id – Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk pengungsi Palestina, Unrwa, mengatakan pada hari Minggu bahwa Israel secara definitif melarangnya untuk melakukan pengiriman bantuan di Gaza bagian utara, di mana ancaman kelaparan paling tinggi.

 

Dilansir dari Theguardian.com dalam suatu percakapan : “Meskipun tragedi sedang terjadi di bawah pengawasan kami, Otoritas Israel memberitahu PBB bahwa mereka tidak akan lagi menyetujui konvoi makanan Unrwa ke utara,” kata Philippe Lazzarini, kepala lembaga tersebut, pada X.

 

“Ini sangat memalukan dan membuatnya menjadi sengaja untuk menghalangi bantuan penyelamatan jiwa selama kelaparan yang diciptakan manusia.”

 

Israel tidak langsung menanggapi permintaan AFP pada hari Minggu untuk memberikan komentar tentang pernyataan Lazzarini. Juru bicara Unrwa, Juliette Touma, mengatakan keputusan itu telah disampaikan dalam pertemuan dengan pejabat militer Israel pada hari Minggu. Ini mengikuti dua penolakan secara tertulis untuk pengiriman konvoi ke utara minggu lalu.

Baca Juga:  Warga Palestina Minta Israel Cabut Larangan Ekspor dari Jalur Gaza

 

Touma mengatakan tidak ada alasan yang diberikan untuk keputusan itu.

 

Gaza menghadapi kondisi kemanusiaan yang mengerikan akibat perang Israel melawan Hamas yang dimulai hampir enam bulan yang lalu, dipicu oleh serangan mematikan Hamas terhadap Israel selatan pada 7 Oktober.

 

Minggu lalu, sebuah penilaian keamanan pangan yang didukung PBB memperingatkan bahwa kelaparan diperkirakan akan melanda utara Gaza pada bulan Mei kecuali ada intervensi mendesak. Unrwa tidak dapat mengirim makanan ke utara sejak 29 Januari, kata Touma.

 

“Keputusan terbaru adalah paku lain di peti mati” untuk upaya memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan kepada warga Gaza yang masih merasakan dampak perang, kata Touma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Presiden Jokowi bertakziah ke rumah duka almarhumah Mooryati Soedibyo di daerah Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (24/04/2024). (Foto: BPMI Setpres/Kris) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertakziah ke rumah duka almarhumah...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist