Search

Ini Inovasi Layanan Daker Madinah Sambut Haji Ramah Lansia 1444 H

Kota Madinah siap menerima jamaah haji (Dok. MCH)

Majalahaula.id – Jamaah haji Indonesia 1444 H akan mulai mendarat di Madinah pada 24 Mei 2023. Petugas Daker Madinah telah bersiap menyambut mereka, marhaban dluyufurrahman.

Di Madinah, jamaah akan ditempatkan pada 91 hotel yang tersebar di lima sektor sekitar Masjid Nabawi (Markaziyah). Sektor hotel jemaah haji berada di wilayah Syamaliah (Timur Nabawi), Gharbiyah (Barat Nabawi), dan Junubiyah (Selatan Nabawi). Jarak terjauh dari Nabawi sekitar 600 meter.

Kepala Daker Madinah Zaenal Muttaqin

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Zaenal Muttaqin mengatakan, tahun ini Kementerian Agama mengusung tema “Haji Ramah Lansia”. Kuota dasar Indonesia berjumlah 221.000, lalu ditambah 8.000. Sehingga totalnya menjadi 229.000 jemah. Dari jumlah itu, ada sekitar 67ribu jamaah lanjut usia (lansia).

Baca Juga:  Hampir tidak ada setetes air pun yang aman untuk diminum di Gaza, badan bantuan PBB memperingatkan

Menurut Zaenal Muttaqin, petugas Daker Madinah telah menyiapkan sejumlah inovasi layanan, termasuk dalam membantu jamaah lansia. Pertama, kursi roda dan fasilitas lainnya untuk lansia. Data yang masuk, diperkirakan ada 4.000 jamaah haji Indonesia yang berangkat tahun ini dan menggunakan kursi roda.

“Kami upayakan semaksimal mungkin layanan ini. Ini akan dikoordinasikan dengan pihak majmuah, agar minimal disiapkan kursi roda dengan proporsi berapa persen dari jumlah jamaah yang mendiami hotel tersebut,” ujar Zainal Muttaqin usai memimpin Rapat Koordinasi Petugas Daker Madinah, di Madinah, Senin (22/5/2023) malam, dikutip dari kemenag.go.id.

Jumlah jamaah setiap hotel sangat variatif. Ada yang dihuni 500-600 orang, bahkan ada juga yang mencapai 2000-3000 jamaah untuk satu hotel. Kedatangan mereka juga tidak bersamaan.

Aulanews.id – Musim 2023/24 hampir berakhir, dan FC Barcelona akan menghadapi Rayo Vallecano dalam pertandingan terakhir di Estadi Olímpic Lluís Companys (kick-off pukul 19.00 CEST), dengan kepastian tempat di Piala...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist