Search

“Urban Farming” Bisa Cukupi 60 Persen Pangan Surabaya

Aulanews.id – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menargetkan hasil urban farming atau pertanian perkotaan yang dikelola warga bisa mencukupi sekitar 60 persen kebutuhan pangan di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

“Target kami sebenarnya ingin sebanyak-banyaknya, tapi saat ini kami targetkan 60 persen saja. Karena itulah saya minta Pak Sekda (Sekretaris Daerah) dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk membuat neraca komoditi dulu,” kata Eri Cahyadi saat membuka Festival Urban Farming di Surabaya, Selasa.

Melalui neraca komoditi tersebut, Wali Kota Eri menginginkan setiap kebutuhan bahan pangan di masing-masing kampung bisa diketahui. Dengan begitu pihaknya akan bisa menghitung berapa lahan yang harus disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk urban farming.

Baca Juga:  Pemprov Jateng Temui Aula Media Bahas Literasi Pesantren

“Ini yang belum pernah dilakukan di manapun. Saya harus melihat neraca komoditi dulu, barulah kami sediakan. Sekarang banyak yang bisa dipenuhi dari urban farming di Kota Surabaya,” ujarnya.

Berdasarkan perhitungannya, saat ini hasil dari urban farming warga masih sekitar 30 persen memenuhi kebutuhan pangan di Surabaya. Ia pun meminta jajarannya membuat neraca komoditi untuk bisa menghitung seluruh kebutuhan di Kota Surabaya.

“Kebutuhan di Surabaya besar karena ada restoran, hotel dan lainnya. Makanya, saya ingin membuat neraca komoditi kebutuhan dari semua hotel, rumah makan dan termasuk kebutuhan investor tadi. Dari neraca komoditi tadi maka kita bisa menyediakan lahan-lahan untuk memenuhi kebutuhan ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Bocah 2 Tahun di Sulsel Diduga Dicabuli, Gubernur Desak Tangkap Pelaku

Menurutnya, sekarang ini produk urban farming yang dihasilkan kelompok tani di Kota Surabaya mampu menarik banyak investor. Terlebih lagi, kata dia, kualitas produk urban farming yang dihasilkan juga luar biasa.

Aulanews.id – PT Pertamina (Persero) melalui beberapa subholding dan anak perusahaannya berhasil menjalankan program Unlock Value sepanjang tahun 2023. Sebagai informasi, Unlock Value merupakan program unggulan Pertamina untuk meningkatkan kinerja...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist