Search

Tim Kesehatan Siap 24 Jam Layani Jamaah Haji Indonesia di Bandara Jeddah

Petugas Kesehatan Daker Bandara dr Ana Dwi Sari, Sp.KP

Aulanews.id – Tim kesehatan haji Indonesia siap memberikan pelayanan kesehatan bagi jemaah yang membutuhkan setibanya di Bandara King Abdulaziz Internasional Airport (KAIA), Jeddah. Mereka siaga 24 jam di pos kesehatan dilengkapi fasilitas medis dan obat-obatan yang memadai untuk pertolongan pertama.

“Tim kami terdiri dari tiga dokter dan sembilan perawat yang dibagi menjadi tim tim. Masing-masing tim terdiri dari 1 dokter dan 3 perawat yang berjaga bergantian selama 24 jam,” terang dr. Ane Dwi Sari, Sp.KP, Jumat (9/6/2023) di pos kesehatan Bandara gate B-2.

Pos Kesehatan Bandara mulai beroperasi sejak hari pertama kedatangan jemaah haji gelombang kedua, 7 Juni 2023. Layanan kesehatan yang diberikan berupa tindakan medis darurat.

Baca Juga:  PCINU Inggris: Ratu Elizabeth II Teladan Kebijaksanaan

“Kami sediakan layanan untuk tindakan darurat, seperti: pemeriksaan fisik, pemasangan infus, dan perawatan standar Instalasi Gawat Darurat (IGD). Tapi tak bisa sampai cek lab, hanya tindakan awal, seperti respon darurat saja,” kata dokter spesialis penerbangan tersebut menambahkan.

Untuk jemaah yang memerlukan tindakan medis lebih lanjut, dokter Bandara akan mengeluarkan surat rujukan ke Rumah Sakit (RS); baik Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) atau Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah.

Untuk RSAS rujukan ada banyak pilihan. Namun, yang diutamakan adalah dirujuk ke KKHI Makkah atau RSAS terdekat.

“Ada beberapa jemaah haji yang sudah kita rujuk ke KKHI dan satu orang dirujuk ke RSAS karena gangguan jantung dan paru-paru bermasalah,” jelasnya Ane.

Baca Juga:  Kebuntuan mengenai perlucutan senjata 'tidak dapat diterima': Guterres

Selain tim medis, obat-obatan, dan peralatan medis yang memadai, di pos kesehatan haji Indonesia tersedia 3 unit bed, 2 kursi roda, dan mobil golf untuk mobilisasi antar jemput jemaah yang sakit.

Aulanews.id – Penukaran e-ticket dengan gelang penanda pertandingan kandang terakhir PERSIB di regular series Liga 1 2023/2024 dilakukan di Kodim 0624 Jalan Raya Soreang Cipatik, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung Kamis,...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist