Search

Sudan: Warga sipil terjebak di El Fasher, ketika PBB memperingatkan akan adanya serangan

Aulanews.id – Dalam sebuah catatan kepada koresponden yang dikeluarkan pada hari Jumat, PBB mengatakan ada “laporan yang semakin mengkhawatirkan mengenai peningkatan ketegangan yang dramatis”.

“Pasukan Dukungan Cepat (RSF) dilaporkan mengepung El Fasher, menunjukkan a gerakan terkoordinasi untuk menyerang kota mungkin akan segera terjadi. Pada saat yang sama, Angkatan Bersenjata Sudan tampaknya mulai memposisikan diri mereka”, tambah pernyataan itu.

Serangan terhadap kota tersebut akan menimbulkan konsekuensi yang menghancurkan bagi warga sipil, lanjut pernyataan dari Kantor Juru Bicara PBB.

Meningkatnya ketegangan ini terjadi di wilayah yang sudah berada di ambang kelaparan. Sekretaris Jenderal mengulangi seruannya kepada semua Pihak untuk menahan diri dari pertempuran di daerah El Fasher.”

Secara keseluruhan, sekitar 25 juta orang, atau setengah populasi Sudan, membutuhkan bantuan kemanusiaan dan lebih dari delapan juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka. Lebih dari 14.000 orang tewas dan puluhan ribu lainnya luka-luka.

Baca Juga:  'Pembantaian' di Gaza harus diakhiri, kata ketua hak asasi manusia PBB kepada Dewan Hak Asasi Manusia

Sekitar 1,8 juta orang telah melarikan diri melintasi perbatasan negara untuk mencoba melarikan diri dari pertempuran brutal.

Puluhan sudah terbunuhDalam peringatan lebih lanjut mengenai Darfur pada hari Jumat, kepala hak asasi manusia PBB Volker Türk mengutip laporan bahwa militer saingannya telah melancarkan serangan tanpa pandang bulu menggunakan “peluru mortir dan roket yang ditembakkan dari jet tempur, di distrik pemukiman”.

Sejak RSF mulai menyerang ibu kota negara bagian El-Fasher, setidaknya 43 orang dilaporkan tewas, termasuk perempuan dan anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Jam di telepon seluler menunjukkan pukul 16.25 WIB. Di tengah kepungan Bobotoh yang memadati Jalan Sulanjana, Kota Bandung, tepat di depan Graha PERSIB hingga Balubur Town Square (Baltos),...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist