Search

Rusia Meminta Ekstradisi Kepala Dinas Keamanan Ukraina; Ukraina Menolak Permintaan Tersebut

Aulanews.id – Rusia menuntut Ukraina menyerahkan semua orang yang terkait dengan aksi teroris yang dilakukan di Rusia, termasuk kepala Dinas Keamanan SBU negara itu (Ukraina), kata kementerian luar negeri pada Minggu.

Dilansir dari berita Reuters yang diterbitkan pada 1 April 2024, SBU segera menolak permintaan Rusia dan menyebutnya sebagai “tidak ada gunanya” dan mengatakan kementerian Rusia telah “lupa” bahwa pemimpin Kremlin, Vladimir Putin, menjadi subjek surat perintah penangkapan internasional.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia mencantumkan insiden kekerasan yang terjadi di Rusia sejak pasukan Kremlin menginvasi Ukraina pada Februari 2022, termasuk pemboman yang menewaskan putri seorang nasionalis terkemuka dan blogger perang , dan insiden yang mengakibatkan seorang penulis terluka parah.

Baca Juga:  Drone Ukraina menghantam kilang minyak terbesar ketiga di Rusia

Kementerian mengatakan penyelidikan atas insiden ini menunjukkan bahwa “jejak kejahatan ini mengarah ke Ukraina.”

“Rusia telah menyerahkan tuntutannya kepada pihak berwenang Ukraina… agar segera menangkap dan mengekstradisi semua orang yang terkait dengan aksi teroris tersebut,” kata pernyataan itu.

Di antara mereka yang tercantum dalam pernyataan yang akan diserahkan adalah kepala SBU, Vasyl Maliuk, yang mengakui jasanya berada di balik serangan di jembatan yang menghubungkan Krimea ke daratan Rusia sejak invasi Kremlin ke Ukraina pada Februari 2022. Rusia menguasai Krimea pada tahun 2014; jembatan itu dibangun setelah wilayah itu dianeksasi.

“Pihak Rusia menuntut rezim Kyiv segera menghentikan semua dukungan terhadap aktivitas teroris, mengekstradisi pihak-pihak yang bersalah dan memberikan kompensasi kepada para korban atas kerugian yang ditimbulkan,” kata pernyataan kementerian tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Ketika Andreas Christensen mencetak gol di Bernabéu pada hari Minggu, ia menjadi pemain FC Barcelona ke-17 yang berhasil mencetak gol di La Liga 2023/24, yang kini menjadi angka...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist