Search

PPIH: Ini alur pergerakan jamaah Indonesia saat puncak haji

Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid di Mekkah, Senin (19/6). ANTARA/HO-MCH 2023.

Aulanews.id – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M mulai mempersiapkan beragam layanan selama puncak haji, Arafah – Muzdalifah – Mina (Armuzna) salah satunya terkait jadwal alur pergerakan jamaah haji Indonesia.

“Jelang puncak haji, jamaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan secara bertahap ke Arafah pada 8 Zulhijah 1444 H. Jamaah akan mengenakan kain ihram dan mengambil miqat di hotel masing-masing,” kata Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid di Mekkah, Senin (19/6).

Subhan merinci pergerakan akan dimulai dari jam 07.00 waktu Arab Saudi hingga selesai dan PPIH Arab Saudi sedang finalisasi jadwal pemberangkatan ke Arafah dengan berbasis kloter.

“Jadwal keberangkatan ke Arafah disusun berbasis kloter. Ini segera kami sosialisasikan agar setiap kloter memahami jadwal pergerakannya, sehingga proses persiapan masing-masing kloter bisa disesuaikan sesuai jam keberangkatan,” kata Subhan.

Subhan berharap jamaah di setiap kloter disiplin mematuhi jadwal keberangkatannya, seperti persiapan di hotel dilakukan satu jam sebelum keberangkatan.

Baca Juga:  Gubernur Khofifah Raih Honorary Award for Global Peace and Women Empowerment dari Organisasi Islam Internasional

Kloter yang jadwal keberangkatannya jam 11.00 siang misalnya, tidak perlu bersiap sejak jam 07.00 pagi. Apalagi sampai ikut memadati area lobi hotel dan sudah mengenakan kain ihram.

“Agar tidak menumpuk di lobi hotel, jamaah agar mematuhi jadwal keberangkatannya. Mandi dan persiapan mengenakan kain ihram bisa dilakukan pada rentang satu atau satu setengah jam sebelum keberangkatan. Sebelum itu, jamaah bisa memanfaatkan waktunya untuk istirahat,” kata Subhan.

Jamaah, kata Subhan, agar tidak turun dan menunggu di lobi hotel, kecuali menjelang jam keberangkatannya sehingga pergerakan lebih tertib dan tidak ada penumpukan di lobi hotel.

Aulanews.id – Arsenal Wanita U-21 resmi menjadi juara PGA Liga Selatan, setelah mengalahkan Sheffield United pada Rabu sore. Kemenangan 2-0 atas The Blades berarti The Gunners muda kami memenangkan gelar...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist