Search

Pertempuran Sengit Di Gaza Utara Saat Bantuan Mulai Bergulir Dari Dermaga Yang Dibangun AS

Aulanews.id – KAIRO – Pasukan Israel bertempur dengan pejuang Hamas di gang-gang sempit di Jabalia, Gaza utara, pada hari Jumat, dalam beberapa pertempuran paling sengit sejak mereka kembali ke wilayah itu seminggu yang lalu, sementara di selatan, para militan menyerang tank-tank yang berkerumun di sekitar Rafah.

Dilansir dari berita Reuters yang diterbitkan pada 18 Mei 2024, warga mengatakan bahwa tank-tank Israel telah merangsek masuk hingga ke pasar di jantung kota Jabalia, yang merupakan tempat terbesar dari delapan kamp pengungsi bersejarah di Gaza, dan bahwa buldoser-buldoser menghancurkan rumah-rumah dan toko-toko yang berada di jalur serangan tersebut.

“Tank-tank dan pesawat-pesawat tempur menghancurkan distrik-distrik pemukiman, pasar, toko-toko, restoran, semuanya. Semuanya terjadi di depan mata dunia,” kata Ayman Rajab, seorang penduduk Jabalia barat, melalui aplikasi chatting.

Baca Juga:  Ternyata, Balon Udara di Langit Israel Ini adalah Sistem Deteksi Rudal Musuh

Israel telah mengatakan bahwa pasukannya telah membebaskan Jabalia beberapa bulan sebelumnya dalam perang Gaza, yang dipicu oleh serangan mematikan yang dipimpin Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober, namun mengatakan pekan lalu bahwa mereka kembali untuk mencegah para militan Islamis berkumpul kembali di sana.

Di Gaza selatan yang berbatasan dengan Mesir, asap tebal membumbung tinggi di atas Rafah, di mana serangan Israel yang meningkat telah membuat ratusan ribu orang mengungsi dari tempat yang merupakan salah satu dari sedikit tempat perlindungan yang tersisa.

“Orang-orang ketakutan dan mereka berusaha untuk melarikan diri,” kata Jens Laerke, juru bicara kantor kemanusiaan PBB, di Jenewa, seraya menambahkan bahwa sebagian besar orang mengikuti perintah untuk bergerak ke utara menuju pantai, tetapi tidak ada rute atau tujuan yang aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro membuka acara Lari Gembira Bersama Olympians dalam rangka memperingati Hari Olimpiade...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist