Search

Dengan 783 juta orang mengalami kelaparan, seperlima dari seluruh makanan terbuang sia-sia

Aulanews.id – Laporan Indeks Limbah Makanan Program Lingkungan PBB tahun 2024 menyoroti bahwa data terbaru dari tahun 2022 menunjukkan 1,05 miliar ton makanan terbuang sia-sia.

Beberapa 19 persen makanan yang tersedia bagi konsumen hilang secara keseluruhan di tingkat ritel, layanan makanan, dan rumah tangga.

Itu selain sekitar 13 persen makanan hilang dalam rantai pasokanseperti yang diperkirakan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), mulai dari pasca panen hingga saat penjualan.

‘Tragedi global’“Sampah makanan adalah tragedi global. Jutaan orang akan kelaparan saat ini karena makanan terbuang sia-sia di seluruh dunia,” kata Inger Andersen, Direktur Eksekutif UNEP, menjelaskan bahwa masalah yang sedang berlangsung ini tidak hanya berdampak pada perekonomian global tetapi juga memperburuk perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, dan polusi.

Sebagian besar sampah makanan di dunia berasal dari rumah tangga, dengan total 631 juta ton – atau 60 persen – dari total makanan yang terbuang. Sektor jasa makanan dan ritel masing-masing menyumbang 290 dan 131 juta ton.

Baca Juga:  Perawatan medis yang menyelamatkan nyawa ambruk akibat serangan di Gaza: WHO

Rata-rata, setiap orang membuang 79 kilogram makanan setiap tahunnya. Ini setara dengan 1,3 kali makan setiap hari untuk semua orang di dunia terkena dampak kelaparan, penulis laporan tersebut menggarisbawahi.

Bukan sekedar masalah ‘negara kaya’Permasalahan ini tidak hanya terjadi di negara-negara maju saja. Menyusul peningkatan cakupan data yang hampir dua kali lipat sejak Laporan Indeks Limbah Makanan tahun 2021 diterbitkan, terjadi peningkatan konvergensi antara kelompok kaya dan miskin.

Negara-negara berpendapatan tinggi, berpendapatan menengah ke atas, dan berpendapatan menengah ke bawah memiliki perbedaan rata-rata tingkat sampah makanan rumah tangga hanya sebesar tujuh kilogram per kapita per tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Ketika Andreas Christensen mencetak gol di Bernabéu pada hari Minggu, ia menjadi pemain FC Barcelona ke-17 yang berhasil mencetak gol di La Liga 2023/24, yang kini menjadi angka...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist