Search

Pertamina Patra Niaga Layani Avtur di Bandara YIA Melalui Jaringan Pipa Bawah Tanah

Aulanews.id – Pertamina Patra Niaga baru saja meresmikan infrastruktur baru untuk mendukung kelancaran operasional maskapai di Yogyakarta International Airport (YIA) jelang momen arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Infrastruktur yang dimaksud adalah Aviation Fuel Terminal (AFT) YIA yang dilengkapi dengan fully automatic hydrant fuel system.

Adanya sistem ini, memungkinkan avtur dari tangki timbun di AFT YIA disalurkan melalui sistem perpipaan bawah tanah secara otomatis.

Proses pengisian pesawat udara juga akan menggunakan armada truk jenis hydrant dispenser.

Sistem ini seperti yang sudah diimplementasikan di sejumlah bandara besar lainnya, seperti Soekarno-Hatta Jakarta, Ngurah Rai Bali, Hang Nadim Batam, Kualanamu Medan, dan Juanda Surabaya.

Baca Juga:  Serambi MyPertamina, Pelayanan Ekstra Pertamina Patra Niaga untuk Menjaga Kelancaran Perjalanan Pelanggan

Sebelumnya, sejak beroperasi di tahun 2019, AFT YIA menggunakan fasilitas modular.

Dimana pengisian avtur ke pesawat udara dilakukan melalui refueller atau mobil tangki avtur.

“Dengan penggunaan fasilitas baru hydrant fuel system, AFT YIA dapat memaksimalkan pelayanan pengisian avtur ke pesawat udara dengan volume besar dalam satu kali pengisian.

“AFT YIA juga mampu melayani pengisian ke empat pesawat udara wide-body aircraft (pesawat terbang berbadan lebar) secara bersamaan.

“Fasilitas ini juga telah melalui serangkaian proses inspeksi dan commissioning yang ketat untuk menjamin kualitas dan keamanannya sesuai dengan standar internasional,” jelas Riva saat melakukan tinjauan ke AFT YIA bersama jajaran direksi Pertamina Patra Niaga pada Jumat (22/3/2024).

Baca Juga:  Gelombang Panas Membara di Afrika Barat: Alarm Krisis Iklim

Penguatan infrastruktur di AFT YIA sejalan dengan kebijakan yang tertuang dalam Perpres Nomor 98 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara Udara Baru di Kabupaten Kulonprogo, DIY.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Ketika Andreas Christensen mencetak gol di Bernabéu pada hari Minggu, ia menjadi pemain FC Barcelona ke-17 yang berhasil mencetak gol di La Liga 2023/24, yang kini menjadi angka...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist