Search

Perjalanan Mudik Idul Fitri 1445 H Lebih Singkat via Jalur Fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogro Ruas Colomadu-Ngawen

Aulanews.id – PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, akan mengoperasikan jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) mulai dari Colomadu-Ngawen (Klaten).

Jalur fungsional sepanjang 22 KM ini akan dioperasikan saat periode arus mudik (satu arah dari Colomadu menuju Ngawen) pada 5-11 April 2024.

Dan saat periode arus balik (satu arah dari Ngawen menuju Colomadu) dioperasikan pada 12-15 April 2024.

Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah menjelaskan, pada periode tersebut, jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Colomadu-Ngawen dibuka dengan jam operasional mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

โ€œJalur fungsional ini khusus kendaraan Golongan I Non Bus/Kendaraan Kecil. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini 40 KM/jam,โ€ ujar Rudy.

Baca Juga:  Ketentuan Vaksin Meningitis bagi Jamaah Umrah

Berbeda dari pelayanan libur (Nataru) 2023/2024, di libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H jalur fungsional dibuka lebih panjang, yaitu mencapai 22 KM hingga Ngawen. Ada penambahan panjang jalan hingga 9 KM.

Menurut Rudy, jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

Dengan melewati jalur fungsional ini, masyarakat tidak perlu melewati 15 titik Lampu APILL (Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas).

Diperkirakan waktu perjalanan dari Akses/Gerbang Tol (GT) Colomadu menuju Klaten hanya 25 menit jika dibandingkan dengan jalan nasional.

Akses masuk jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo dari jalan Nasional dapat diakses melalui akses GT Banyudono dan dari GT Colomadu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Bek PERSIB, Nick Kuipers ingin menjaga tren kemenangan saat menjamu Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis 25 April 2024,...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist