Search

Panglima militer Ukraina mengakui terjadi situasi sulit di wilayah Kharkiv

Aulanews.id – Panglima militer Ukraina mengakui bahwa pasukannya menghadapi “situasi sulit” di wilayah timur laut Kharkiv, di mana ribuan orang telah meninggalkan rumah mereka karena pasukan Rusia terus maju.

Dikutip dari Aljazeera dalam interview “Minggu ini, situasi di wilayah Kharkiv telah memburuk secara signifikan,” tulis Oleksandr Syrskii di Telegram pada hari Minggu. “Ada pertempuran yang sedang berlangsung di daerah perbatasan sepanjang perbatasan negara dengan Federasi Rusia.”

Sambil mengakui bahwa situasinya “sulit” dan penyerang Rusia telah mencapai “keberhasilan parsial” di beberapa daerah, dia mengatakan, “Pasukan pertahanan Ukraina melakukan segala yang mereka bisa untuk mempertahankan garis dan posisi pertahanan.”

Pertempuran intensif telah memaksa setidaknya satu unit Ukraina untuk mundur, meninggalkan lebih banyak lahan bagi pasukan Rusia di pemukiman yang kurang dipertahankan di zona abu-abu yang diperebutkan di sepanjang perbatasan Rusia.

Pada Minggu sore, kota Vovchansk, salah satu yang terbesar di timur laut dengan populasi sebelum perang sebanyak 17.000 orang, muncul sebagai titik fokus pertempuran.

Baca Juga:  Ukraina: Tahun 2024 dimulai dengan 'kehilangan, kesakitan, dan penderitaan' di tengah serangan intensif Rusia

Volodymyr Tymoshko, kepala polisi wilayah Kharkiv, mengatakan pasukan Rusia berada di pinggiran kota dan mendekat dari tiga arah. “Pertempuran infanteri sudah terjadi,” katanya. Sebuah tank Rusia terlihat di sepanjang jalan utama menuju kota, menunjukkan kepercayaan Moskow untuk mengerahkan senjata berat.

Tim evakuasi bekerja tanpa henti sepanjang hari untuk mengeluarkan penduduk, sebagian besar lanjut usia, dari bahaya. Setidaknya 4.000 warga sipil telah meninggalkan wilayah Kharkiv sejak Jumat ketika pasukan Moskow melancarkan operasi, kata Gubernur Oleh Syniehubov dalam pernyataan di media sosial. Pertempuran sengit berkecamuk pada hari Minggu di sepanjang garis depan timur laut, di mana pasukan Rusia menyerang 27 pemukiman dalam 24 jam, katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Musim 2023/24 hampir berakhir, dan FC Barcelona akan menghadapi Rayo Vallecano dalam pertandingan terakhir di Estadi Olรญmpic Lluรญs Companys (kick-off pukul 19.00 CEST), dengan kepastian tempat di Piala...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist