Search

Pameran Karya Proyek Buku Kolaborasi Siswa dan Orang Tua KB-TK Al Muslim Pada Peringatan Hari Buku Nasional

Aulanews.id – Ratuasan siswa dan orang tua berkumpul di halaman KB-TK Al Muslim dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional. Peringatan Hari Buku Nasional (Harbuknas) bertujuan untuk membangkitkan minat baca dan menulis siswa atau literasi yang saat ini sedang gencar-gencarnya dikampanyekan pada Kurikulum Merdeka. Melalui membaca kita dapat melawan kedangkalan pikiran dan menuntun siswa untuk berpikir kritis.

Senam lagu “Gernas Baku” mengawali acara Harbuknas sebagai pemantik siswa agar semangat. Selanjutnya Siti Aminah selaku kepala sekolah dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Harbuknas ini bertujuan untuk penguatan karakter abad ke-21 atau 4C yaitu Communication, Collaboration, Critical thinking, Creativity and Innovation, serta penguatan kemampuan literasi siswa”, melalui kegiatan proyek membuat buku secara individu di sekolah dan proyek membuat buku kolaborasi keluarga di rumah selama sekitar 3 mingguan”.

Baca Juga:  Tingkatkan Motivasi Belajar, Satgas Yonif 122/TS Menjadi Tenaga Didik di SD YPPK kenandega

KB-TK Al Muslim memiliki program literasi yaitu Gerakan ABAKU, akronim dari “Gerakan Ayah Bunda Bacakan Aku Buku”. Gerakan Abaku bulan ini diisi dengan mempresentaikan hasil proyek membuat buku di kelas masing-masing. Hasil karya proyek buku selanjutnya dipamerkan dan juga untuk menambah koleksi pojok baca kelas.

Harbuknas tahun ini mengusung tema “My Fisrt Book with Parents”. Sebuah tema yang selaras dengan visi misi TK Al Muslim yaitu menjadikan setiap siswa menjadi seorang khalifah fiilard yang rahmatan lilalamiin.

“Mulai tanggal 1 s.d. 16 Mei 2024 siswa membuat proyek karya buku secara individu juga proyek membuat buku bersama Ayah Bunda di rumah. Kegiatan awal adalah mereka berkunjung ke perpustakaan pusat Al Muslim yang terletak di depan gedung SD Al Muslim, mereka memilih dan membaca buku sebagai bahan inspirasi. Pada hari berikutnya mereka menentukan judul dan sampul buku dengan bimbingan guru kelas masing-masing. Selanjutnya mereka membuat isi buku sesuai dengan imajinasinya masing-masing, ada yang menggunakan teknik 3M (menggunting, menempel, mewarna), menggambar, mewarnai, dan lain-lain. Siswa diberikan kebebasan memilih bahan yang digunakan untuk menulis dan finishing bukunya, ada yang menggunakan spidol warna, caryon, pensil, pita, tali tampar kecil, tali kor, bulu merci, berbagai macam kertas dan ukurannya, cat warna, dan lain-lain”. Imbuh Siti Aminah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro membuka acara Lari Gembira Bersama Olympians dalam rangka memperingati Hari Olimpiade...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist