Search

Jamaah Haji Sakit Pasca Mendarat, Dapat Pelayanan di Pos Kesehatan Indonesia di Bandara Jeddah

Aulanews.id – Pos Pelayanan Kesehatan Indonesia telah disiapkan Petugas Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah Arab Saudi. Terutama untuk jamaah haji Indonesia gelombang kedua yang mengalami masalah kesehatan.

Ini berbeda dengan pendaratan gelombang pertama di Bandara Amir Mohammed bin Abdul Azis (AMAA) Madinah. Pelayanan kesehatan di bandara tersebut langsung ditangani oleh Pusat Kesehatan Bandara AMAA sendiri. Jika kondisinya butuh penanganan lebih lanjut baru dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah atau ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) di Madinah.

Sedangkan di Bandara KAAIA Jeddah, jamaah haji yang mengalami masalah ksehatan langsung ditangani petugas kesehatan Indonesia. Jika kondisi kesehatan butuh penanganan lebih serius langsung dirujuk ke KKHI Makkah atau RSAS di Jeddah dan Makkah.

Baca Juga:  Rusia: Kantor hak asasi manusia PBB 'terkejut' atas kematian Navalny di penjara

“Kami sejak hari pertama tanggal 7 Juni 2023 subuh sudah mulai membuka pos kesehatan dan berlanjut terus sampai sekarang,” kata Dokter Pos Kesehatan Indonesia di Bandara Jeddah dr Ane Dwi Sari Sp.KP.

Dokter spesialis kesehatan bandara itu mengungkapkan Pos Kesehatan Bandara Jeddah dilengkapi tiga tim kesehatan yang standby 24 jam. Setiap tim dilengkapi satu dokter dan tiga perawat.

“Total ada tiga dokter yang standby,” katanya.

Jumlah itu masih ditambah Tim Penghubung Kesehagan (TPK). Yakni mukimin atau orang Indonesia yang lama bekerja di Arab Saudi. TPK ini berfungsi juga sebagai penghubung jika terjadi permasalahan bahasa saat berhubungan dengan pihak Arab Saudi.

Selain itu dilengkapi fasilitas 3 unit bed portable, 2 unit kursi roda, dilengkapi mobil golf untuk menjemput jamaah haji yang mengalami masalah kesehatan.

Aulanews.id – Penderitaan juga bertambah dan kemungkinan akan menjadi lebih burukJustin Brady, kepala kantor bantuan kemanusiaan PBB, OCHA, di Sudan, memperingatkan UN News. “Tanpa sumber daya yang lebih banyak, kita...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist