Search

Jaksa ICC mengajukan banding atas bukti kekejaman di Darfur

Aulanews.id – Dalam sebuah video yang diposting di media sosial, Karim Khan mendesak kelompok korban, organisasi masyarakat sipil, otoritas nasional, dan mitra internasional untuk terlibat dengan Kantornya dan memberikan bukti dan materi apa pun terkait dengan kekejaman yang sedang dilakukan terhadap warga sipil.

ICC sedang melakukan penyelidikan aktif terhadap situasi di Darfur, yang dimulai pada tahun 2005, dan “peristiwa mengerikan di Darfur Barat, termasuk El Geneina, pada tahun 2023” merupakan salah satu prioritas penyelidikan utama.

Serangan sistematik yang terorganisir Khan menyuarakan keprihatinan yang luar biasa atas tuduhan meluasnya kejahatan internasional yang dilakukan di El Fasher, ibu kota negara bagian Darfur Utara, dan wilayah sekitarnya.

Baca Juga:  Konflik Muslim-Hindu di Gurugram India buat Shalat Jumat Ditiadakan di Masjid

Kantornya mengumpulkan informasi setiap hari dari Darfur yang “tampaknya mengungkap serangan terorganisir, sistematis dan mendalam terhadap martabat manusia”, katanya.

Bukti-bukti yang dikumpulkan hingga saat ini “tampaknya menunjukkan tuduhan yang kredibel dan berulang-ulang mengenai serangan terhadap penduduk sipil, khususnya serangan yang ditujukan terhadap kamp-kamp pengungsi internal,” lanjutnya.

“Hal ini tampaknya menunjukkan meluasnya penggunaan pemerkosaan dan bentuk-bentuk kekerasan seksual lainnya. Hal ini tampaknya secara konsisten mengungkapkan penembakan terhadap wilayah sipil, penjarahan properti dan serangan terhadap rumah sakit.”

Banding untuk mendapatkan bukti Khan mengatakan kantornya, khususnya, menyerukan materi video, fotografi, atau audio apa pun yang dapat ditangkap oleh petugas di lapangan, untuk mendukung penyelidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menpora Dito Ariotedjo Memberikan Keterangan Pers Usai Ratas Lanjutan Pembahasan Persiapan PON XXI Aceh-Sumatra Utara dan Peparnas Tahun 2024 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/06/2024). (Foto: Humas Setkab/Seno) Menteri Pemuda...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist