Search

Imbas Pembuangan Limbah Nuklir Fukushima, China Larang Semua Produk Laut Jepang

Produk makanan laut Jepang. (Foto: Bapera News)

Aulanews.id, Beijing – China mengumumkan larangan menyeluruh terhadap semua produk laut dari Jepang. Hal ini dilakukan untuk mewaspadai risiko kontaminasi radioaktif dari limbah nuklir yang telah dibuang oleh Jepang ke laut, pada Kamis kemaren.

“China sangat khawatir terhadap risiko kontaminasi radioaktif yang dibawa oleh makanan dan produk pertanian Jepang,” kata biro bea cukai China dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

Bea Cukai China tidak memberikan rincian mengenai produk laut tertentu yang terkena dampak larangan tersebut dan tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pemerintah Jepang menandatangani rencana tersebut dua tahun lalu dan mendapat lampu hijau dari pengawas nuklir PBB bulan lalu. Pelepasan ini merupakan langkah penting dalam penghentian pembangkit listrik Fukushima Daiichi setelah hancur akibat tsunami pada tahun 2011.

Operator pembangkit listrik Tokyo Electric Power (Tepco) mengatakan pelepasan dimulai pada pukul 13.03 waktu setempat dan tidak ditemukan adanya kelainan.

Baca Juga:  Apa Motif di Balik Perombakan Putin yang ada pada Masa Perang Dunia II

Namun, China kembali menegaskan penolakannya terhadap rencana tersebut dan mengatakan pemerintah Jepang belum membuktikan bahwa air yang dibuang aman.

“Pihak Jepang tidak boleh menyebabkan kerugian sekunder terhadap masyarakat lokal dan bahkan masyarakat dunia karena kepentingan egoisnya sendiri,” kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan.

Sebaliknya, Tokyo mengkritik China karena menyebarkan klaim yang tidak berdasar secara ilmiah.

Mereka menyatakan bahwa pelepasan air tersebut aman, dan mencatat bahwa Badan Energi Atom Internasional (IAEA) juga telah menyimpulkan bahwa dampak yang ditimbulkannya terhadap manusia dan lingkungan “dapat diabaikan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menutup sekaligus menyerahkan piala 1st FOBI World Barongsai Championship 2024. Diharap kejuaraan dunia barongsai ini bisa kembali digelar di Tanah...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist