Search

Gaza: Bayi dengan berat badan kurang, pertempuran sengit dan pembukaan kembali rumah sakit

Aulanews.id – Lebih dari tujuh bulan setelah perang, bayi masih dilahirkan terlalu kecil, memperingatkan badan PBB untuk pengungsi Palestina, UNRWA.

“Habiba lahir di tenda kecil. Dia berumur dua minggu dan beratnya kurang dari dua kilogram,” kata badan PBB itu dalam sebuah postingan di X, seraya menambahkan bahwa lebih dari 150.000 perempuan hamil dan menyusui terus menghadapi kondisi sanitasi yang buruk dan bahaya kesehatan.

Rekan badan PBB lainnya, Program Pangan Dunia (WFP) menyoroti tantangan besar yang dihadapi orang tua dalam menjaga anak-anak mereka tetap aman dan diberi makan. Untuk mencegah malnutrisi, WFP mendistribusikan kurma yang diperkaya, termasuk kepada orang tua Khaled dan Siham, yang “terkadang… tidak punya apa-apa untuk dimakan untuk meninggalkan sedikit yang mereka miliki untuk anak-anak mereka”.

Baca Juga:  Sekjen PBB menyerukan gencatan senjata di Sudan, sekarang: 'Nilai-nilai Ramadhan harus diutamakan'

Menurut WFP, malnutrisi di kalangan anak-anak terjadi “dengan kecepatan tinggi”, dengan satu dari tiga anak di bawah usia dua tahun kini mengalami malnutrisi akut atau menderita wasting.

PBB dan mitra-mitranya mempunyai sarana untuk meningkatkan bantuan kepada 2,2 juta orang di Gaza, namun hanya jika gencatan senjata kemanusiaan terjadi, badan tersebut menegaskan.

Bentrokan hebatSementara itu, upaya bantuan terus berlanjut di tengah laporan baku tembak antara pasukan Israel dan pejuang Palestina di Jabalia di utara dan Rafah di selatan.

Sampai saat ini, Rafah telah mengosongkan setidaknya 450.000 orang hanya dalam seminggu terakhir, dan 100.000 lainnya telah mengungsi dari utara wilayah kantong tersebut, di tengah perintah evakuasi baru oleh militer Israel.

Baca Juga:  Kantor Hak Asasi Manusia PBB mendesak Sri Lanka untuk mengungkap nasib orang-orang yang hilang

“Banyak keluarga terus mengungsi ke mana pun mereka bisa, termasuk ke reruntuhan dan bukit pasir, untuk mencari keselamatan, tapi hal seperti itu tidak terjadi di Gaza,” kata UNRWA dalam tweetnya pada hari Selasa, dengan gambar menunjukkan barisan kendaraan menuju ke pantai, beberapa membawa muatan. dengan barang-barang seluruh keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Musim 2023/24 hampir berakhir, dan FC Barcelona akan menghadapi Rayo Vallecano dalam pertandingan terakhir di Estadi Olímpic Lluís Companys (kick-off pukul 19.00 CEST), dengan kepastian tempat di Piala...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist