Search

Di Majelis Kesehatan Dunia, negara-negara menyepakati upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan pandemi

Aulanews.id – Negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO), pada hari terakhir Majelis Kesehatan Dunia ke-77, mengadopsi amandemen penting terhadap Peraturan Kesehatan Internasional (IHR), termasuk mendefinisikan “darurat pandemi” serta menjanjikan peningkatan akses. untuk produk dan pembiayaan medis.

Langkah-langkah ini akan membantu memastikan adanya sistem yang komprehensif dan kuat di semua negara untuk melindungi semua orang di mana pun dari risiko wabah dan pandemi di masa depan, kata WHO dalam siaran persnya.

“Keputusan bersejarah yang diambil hari ini menunjukkan hal ini keinginan bersama negara-negara anggota untuk melindungi rakyat mereka sendiri, dan duniadari risiko bersama berupa keadaan darurat kesehatan masyarakat dan pandemi di masa depan,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO.

Baca Juga:  Blinken Memulai Tur Timur Tengah di Tengah Ketegangan Hubungan AS-Israel di Tengah Perang di Gaza

Ia menekankan bahwa amandemen IHR akan meningkatkan kemampuan negara-negara dalam mendeteksi dan merespons wabah di masa depan, memperkuat kapasitas nasional, dan meningkatkan koordinasi antar negara dalam pengawasan penyakit, pertukaran informasi, dan respons.

“Ini dibangun di atas komitmen terhadap kesetaraan, pemahaman akan hal itu ancaman kesehatan tidak mengenal batas negara dan kesiapan itu adalah upaya kolektif,” tambah Tedros.

amandemen IHRAmandemen baru pada IHR mencakup pengenalan a definisi darurat pandemi untuk memicu kolaborasi internasional yang lebih efektif dalam menghadapi peristiwa-peristiwa yang berisiko menjadi pandemi. Definisi ini meningkatkan tingkat kekhawatiran dengan memanfaatkan mekanisme IHR yang sudah ada, seperti penetapan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist