Search

Zimbabwe mengandalkan Tiongkok untuk mendapatkan tempat dalam rantai pasokan baterai kendaraan listrik

Aulanews.id – Investor Tiongkok telah berbondong-bondong ke Zimbabwe untuk mengamankan pasokan lithium, menjanjikan pembangunan lokal. Namun, para analis memperingatkan bahwa Zimbabwe membutuhkan tata kelola yang lebih kokoh agar masyarakat dapat menikmati manfaatnya.

Dikutip dari Climatechangenews.com, Wonder Mushove menatap kosong debu merah yang bergelombang ke langit saat lebih dari 30 truk membawa muatan bijih lithium melintas di depan rumah barunya di Buhera, di bagian timur Zimbabwe.

Truk-truk melintasi desa Mukwasi di jalan tanah yang menghubungkan tambang lithium Sabi Star milik Tiongkok dengan jalan raya beraspal. Mereka melalui kota perbatasan Mutare menuju pelabuhan Beira di Mozambik tetangga. Dari sana, mineral yang mengandung lithium dimuat ke kapal dan diekspor ke Tiongkok – produsen baterai lithium-ion terbesar di dunia.

Baca Juga:  Kapitalisme Bukanlah Solusi Untuk Perubahan Iklim

Debu menggantung di udara setelah lewatnya truk-truk itu. Mushove dan keluarganya adalah di antara puluhan rumah tangga yang dipindahkan oleh proyek penambangan senilai $130 juta, yang mulai beroperasi pada bulan Mei. Mereka dipindahkan ke rumah-rumah baru yang dibangun oleh perusahaan pertambangan sekitar satu kilometer dari rumah lama mereka.

Namun, Mushove berharap tambang tersebut bisa “mengangkat daerah ini dan menempatkannya di peta dunia,” katanya kepada Climate Home News.

Selama beberapa dekade, deposit lithium batuan keras yang luas yang terkubur di bawah rumahnya tidak menarik minat investor asing. Sekarang, perusahaan-perusahaan Tiongkok membayar harga tinggi untuk mengakses cadangan Zimbabwe – yang terbesar di Afrika dan salah satu yang terbesar di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Jam di telepon seluler menunjukkan pukul 16.25 WIB. Di tengah kepungan Bobotoh yang memadati Jalan Sulanjana, Kota Bandung, tepat di depan Graha PERSIB hingga Balubur Town Square (Baltos),...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist