Search

Zelenskiy Menunda Perjalanan Ke Luar Negeri Karena Pasukan Rusia Memasuki Kota Perbatasan Ukraina

Aulanews.id – KYIV – Presiden Volodymyr Zelenskiy menunda semua perjalanan luar negerinya karena situasi medan perang Ukraina terus memburuk pada hari Rabu dan Kyiv mengatakan pertempuran berkecamuk di kota perbatasan timur laut Vovchansk di wilayah Kharkiv.

Dilansir dari berita Reuters yang diterbitkan pada 16 Mei 2024, perebutan kota tersebut, yang berjarak 5 km (3 mil) dari perbatasan, akan menjadi pencapaian paling signifikan bagi Rusia sejak Rusia melancarkan serangan ke wilayah tersebut pada hari Jumat, membuka front baru dalam invasinya dan memaksa Kyiv untuk segera mengirimkan bala bantuan.

Serangan itu membuat pasukan Ukraina, yang juga menguasai garis depan sepanjang 1.000 km (600 mil) di timur dan selatan, kehilangan keseimbangan menjelang apa yang menurut Zelenskiy bisa menjadi serangan besar Rusia. Moskow perlahan-lahan mulai menguasai wilayah timur selama berbulan-bulan.

Baca Juga:  Detik-Detik Pom Bensin Meledak

“Situasinya sangat sulit. Musuh mengambil posisi di jalan-jalan kota Vovchansk,” kata Oleksiy Kharkivskyi, kepala polisi patroli Vovchansk, melalui Facebook.

Dmytro Lazutkin, juru bicara kementerian pertahanan, mengatakan “beberapa” kelompok infanteri Rusia telah memasuki kota tersebut. Pasukan Ukraina kemudian berhasil memukul mundur “sebagian” mereka, kata staf umum, namun “aksi defensif” terjadi di pinggiran utara dan barat laut.

Sebuah laporan larut malam yang dikeluarkan oleh Staf Umum Ukraina mengatakan pasukannya telah berhasil menghalau empat serangan Rusia di sepanjang perbatasan, namun pertempuran masih berkecamuk di dekat serangkaian desa. Pasukan “terus melakukan gerakan stabilisasi” di dekat Vovchansk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Musim 2023/24 hampir berakhir, dan FC Barcelona akan menghadapi Rayo Vallecano dalam pertandingan terakhir di Estadi Olรญmpic Lluรญs Companys (kick-off pukul 19.00 CEST), dengan kepastian tempat di Piala...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist