Search

Wisata Religi Masjid Raya Ganting

Aulanews.id, Padang – Salah satu wisata religi di Sumatra Barat, yakni Masjid Raya Ganting yang terletak di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang, Kota Padang.

Masjid ini memiliki gaya arsitektur neo klasik dari Eropa yang dominan pada bagian fasad dengan dominasi warna biru langit.

Masjid tersebut merupakan salah satu dari 68 cagar budaya Kota Padang. Hal itu berdasarkan Surat Ketetapan (SK) Wali Kota Padang Nomor 25 tahun 1098.

Luas masjid diperkirakan sekitar 30 kali 30 meter persegi dengan 25 sokoguru (tiang) dan dapat menampung jamaah sebanyak 4000 orang. Sejak pembangunannya, masjid tersebut tercatat sudah dua kali dilakukan renovasi yaitu pada 1970 dan 2007.

Sejarah Masjid Raya Ganting

Baca Juga:  7 Wisata Religi Lintas Agama di Sumatera Utara

Masjid Raya Ganting berdiri pada abad 19 masehi. Dalam buku Rusli Amran yang berjudul Padang Riwayatmu Dulu menyebutkan Masjid Raya Ganting sudah dibangun pada 1866.

Kemudian Abdul Baqir Zein dalam bukunya yang berjudul Masjid-masjid Bersejarah di Indonesia menulis, bangunan tersebut menjadi masjid yang tertua di Kota Padang. Ada 25 tiang pada masjid merupakan simbol jumlah nabi dan rasul. Nama 25 nabi dan rasul itu diukir dalam bentuk kaligrafi Arab.

Masjid Raya Ganting pernah dijadikan sebagai tempat manasik calon haji dan embarkasi haji pertama di wilayah Sumatera Tengah. Selain itu, bangunan tersebut juga menjadi salah satu bukti sejarah perjuangan masyarakat Sumatera Barat dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Pada masa Jepang, Masjid Ganting tidak hanya diperuntukan sebagai tempat keagamaan, namun juga pernah dijadikan sebagai markas Hizbul Wathan (HW). Gyugun dan Heiho. Selain itu masjid tersebut juga pernah disinggahi oleh Soekarno saat Jepang berhasil menguasai Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Musim 2023/24 hampir berakhir, dan FC Barcelona akan menghadapi Rayo Vallecano dalam pertandingan terakhir di Estadi Olรญmpic Lluรญs Companys (kick-off pukul 19.00 CEST), dengan kepastian tempat di Piala...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist