Search

Waspada Polusi Udara Bisa Berdampak Pada Kesehatan Mental

Ilustrasi polusi udara. (kompas.com)

Aulanews.id – Dampak pencemaran udara tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Banyak peneliti berpendapat bahwa polusi udara mungkin dapat menyebabkan beberapa kerusakan dini dan bertahan lama pada kesehatan mental, juga kognitif manusia.

Bahaya polusi udara buat kesehatan sudah bukan rahasia lagi. Banyak hal di dalam tubuh yang bisa ‘digerogoti’ oleh polusi udara. Tak cuma kesehatan paru-paru, kondisi psikis pun perlu jadi perhatian di tengah serangan polusi udara di zaman kiwari.

Sejumlah penelitian telah mengaitkan polusi udara dengan tingkat stres yang lebih tinggi, tekanan psikologis, peningkatan risiko depresi hingga demensia.

Tak cuma itu, beberapa penelitian bahkan menemukan paparan polusi jangka pendek dapat meningkatkan risiko kematian di antara orang-orang dengan kondisi mental serius.

Meski sejumlah penelitian telah menemukan hubungan antara polusi udara dan kesehatan mental, namun hubungan keduanya masih belum bisa dipahami dengan baik.

Baca Juga:  Kru Mengawal Mobil di Sekitar Bagian Jalan Raya 1 California yang Rusak Setelah Jalurnya Runtuh Akibat Badai

Sejumlah peneliti percaya bahwa hal ini terjadi akibat mekanisme peradangan saraf yang mengaitkan polusi dengan konsekuensi kejiwaan tertentu.

Terdapat hubungan polusi udara dan kesehatan mental. Dalam temuan studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Psychiatry pada awal tahun ini menemukan, polusi udara bisa meningkatkan risiko gangguan mental sebesar 15 persen. Secara khusus penelitian ini merujuk pada kondisi depresi dan gangguan kecemasan.

Mengutip USA Today, studi yang menganalisis informasi kesehatan dari 4 ribu orang dewasa di Inggris ini menemukan, risiko gangguan mental kian menurun seiring dengan rendahnya tingkat polusi udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri ajang Indonesia Sport Facility Expo (ISFEX) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Jumat (14/6). Menteri Pemuda...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist