Search

Travel Haji dan Umrah Nakal, DPR: Cabut Izinnya!

Anggota DPR RI Marwan Dasopang

Aulanews.id, Mekkah – Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Marwan Dasopang menyatakan sanksi tegas harus sudah diterapkan bagi travel haji umroh yang tidak mengikuti prosedural pemerintah Arab Saudi.

Menurutnya, saat ini sudah tidak lagi saatnya sekedar memperingatkan, tapi dengan tindakan pencabutan izin travel haji dan umroh yang diistilahkan ‘nakal’ tersebut.

“Kita merekomendasikan bagi travel yang kita sebut nakal, saya kira tidak lagi saatnya memperingatkan, tapi cabut (izin). Bagi travel yang tidak dapat izin menyelenggarakan perjalanan ibadah umrah dan haji ya ditindak secara pidana,” ucap Marwan Dasopang setiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah Kamis (6/6/2024).

Menurutnya, selain travel nakal, pemerintah juga harus memperketat pengawasan akun media sosial yang secara gamblang masih menawarkan bisa berhaji tanpa antre.

Akun-akun tersebut secara terang-terangan menjanjikan jemaah bisa berhaji dengan visa lain seperti visa ziarah.

Baca Juga:  Edukasi Kesehatan Haji Tim Promkes Datangi Bus Jamaah dan Penginapan

“Sekarang mereka cukup berani ya. Setiap pagi, setiap bangun pagi di medsos kita sudah ada godaan itu. Kita harus melakukan pengetatan di pihak kita. Intinya, pemerintah melayani jemaah, dan merasa nyaman, aman, dan terlaksana menjadi haji yang mabrur serta barokah,” kata Marwan.

Problem yang dihadapi, menurutnya adalah bagi jemaah Indonesia baik masuk secara prosedur atau legal, masih tanggung jawab pemerintah. Namun, jangan sampai membuat perwakilan negara di KJRI Arab Saudi repot. Mengingat untuk putusan sanksi bagi jemaah yang melanggar, pihak KJRI tidak bisa intervensi apapun.

“Kalau kita biarkan akan berhadapan dengan masalah hukum karena mau legal atau tidak legal, itu warga negara harus diurus. Kalau urusan itu semua, kita menghabiskan energi,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist