Search

Tim Kesehatan Bandara Edukasi Jamaah Haji

Aulanews.id – Seorang jemaah haji dari Kloter UPG 12 mengeluhkan sesak nafas ketika turun dari pesawat di Bandara Pangeran Muhammad Bin Abdulaziz, Madinah, Arab Saudi, Selasa (21/5). Tim Kesehatan Bandara (TKB) langsung melakukan pemeriksaan kesehatan, yakni mengukur tekanan darah dan saturasi oksigen pasien tersebut.

Hasil pemeriksaan menunjukkan tekanan darah tinggi sedangkan saturasi oksigen masih baik, yakni 99. Selain itu, jemaah haji itu tidak terlihat tidak sesak ketika bicara.

Berdasarkan hasil pemeriksaan itu, Tim Kesehatan Bandara menyarankan agar jemaah haji tersebut langsung beristirahat ketika tiba di hotel. TKB juga meminta jemaah haji untuk makan tepat waktu karena sesak nafasnya disebabkan asam lambung dan bukan penyakit lainnya.

Baca Juga:  PPIH Madinah Intensifkan Persiapan Keberangkatan Jamaah ke Makkah

Pada kesempatan itu, TKB juga berpesan kepada Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) untuk memantau jemaah tersebut dan membawanya ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) jika terjadi keluhan lebih lanjut. TKHI merupakan tim kesehatan yang bertugas memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kesehatan bagi jemaah haji di kloter.

Selain melakukan deteksi dini terhadap jemaah yang baru turun dari pesawat dan membutuhkan layanan kesehatan, TKB juga melakukan edukasi kesehatan kepada jemaah haji sesaat ketika jemaah berjalan menuju bus jemputan yang akan membawa menuju penginapan. TKB mengingatkan jemaah untuk selalu menjaga kesehatan seperti beristirahat ketika tiba di hotel dan minum air putih sebelum haus.

Selain itu, jemaah juga selalu diingatkan untuk minum obat dengan teratur, makan tepat waktu, serta mengenakan alat pelindung diri lengkap (APD) selama di Arab Saudi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist