Search

Strategi Meningkatkan Perdagangan di Wilayah ASEAN

Aulanews.id – Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan mengungkapkan bahwa kolaborasi menjadi kunci dalam memperkuat kerja sama di bidang ekonomi, sosial, juga perdagangan di antara negara-negara ASEAN.

Dalam acara ASEAN Business & Invesment Summit, Mendag memaparkan, terdapat tiga langkah yang bisa dilakukan dalam memperkuat kerja sama ekonomi negara negara ASEAN.

Menteri yang karib disapa Zulhas itu mengatakan, negara-negara anggota ASEAN terus menunjukkan adanya peningkatan tren perdagangan dan itu satu hal yang mesti terus dijaga.

“Kita melihat adanya peningkatan tren perdagangan antara negara anggota ASEAN. Kita harus menjaga performa ini dengan aksi konkret,” ujar Zulhas.

1. Peningkatan ATIGA

Aksi konkret pertama yang disampaikan Zulhas adalah meningkatkan kerja sama perdagangan barang ASEAN atau ASEAN Trade in Goods Agremeent (ATIGA).

Baca Juga:  Inilah Smart Green Services, Layanan Listrik Bersih PLN Berbasis PLTS di Batam

Peningkatan ATIGA perlu dilakukan agar kerja sama yang sudah terjalin antar negara-negara ASEAN tetap relevan dengan situasi ekonomi regional dan global.

“Kita perlu meningkatkan kerja sama perdagangan ASEAN atau ATIGA untuk memastikan agar ini tetap relevan, modern, dan lebih responsif terhadap perkembangan regional serta global,” papar Zulhas.

2. Meningkatkan kerja sama perdagangan bebas

Aksi kedua yang bisa dilakukan untuk menjaga kinerja perdagangan barang dan jasa di ASEAN adalah dengan meningkatkan kerja sama perdagangan bebas ASEAN+1.

Selain itu juga menyelesaikan perjanjian dan negosiasi dengan negara mitra ASEAN seperti Kanada.

“Lalu menjajaki perdagangan bebas yang baru dengan mitra lainnya,” kata Zulhas.

3. Memulai negosiasi kerangka kerja kesepakatan ekonomi digital ASEAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Kiper PERSIB, Kevin Mendoza mengungkapkan kunci kemenangan timnya atas Bali United pada pertandingan leg kedua semifinal Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 18 Mei 2024...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist