Search

Singkat Berita Dunia: Rusia memveto resolusi sanksi DPR Korea, anak-anak dikecam di Sudan, kekeringan melanda Malawi

Aulanews.id – Hal ini pada dasarnya menghapuskan pemantauan sanksi PBB terhadap negara tersebut, yang lebih dikenal sebagai Korea Utara, sehingga menghalangi perpanjangan panel tersebut untuk satu tahun lagi.

Duta Besar Rusia Vassily Nebenzia mengatakan rezim sanksi yang diterapkan dengan tujuan mencegah proliferasi senjata nuklir sudah kehilangan relevansinya dan juga “sebagian besar tidak sesuai dengan kenyataan”.

Dia mengatakan bahwa kebijakan Barat yang “belum pernah terjadi sebelumnya” diterapkan untuk “mencekik Pyongyang”, termasuk sanksi sepihak yang keras, “propaganda agresif” dan “ancaman pribadi langsung”.

Dia mengatakan “militerisasi aktif” di Semenanjung Korea akibat tindakan aliansi NATO memperburuk keadaan dan secara langsung mengancam kepentingan Rusia di wilayah tersebut.

Tiongkok abstainHasil pemungutan suara di Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 orang menghasilkan 13 suara mendukung, Rusia menentang dan Tiongkok abstain.

Baca Juga:  China Tawarkan Tiga Juta Dosis Vaksin Sinovac, Korea Utara Menolak!

Wakil Wakil Tetap Robert A. Wood dari Amerika Serikat berpidato di pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai mandat Panel Ahli Komite 1718 yang memantau sanksi yang dijatuhkan terhadap Republik Demokratik Rakyat Korea.

Resolusi tersebut tidak mengubah sanksi yang ada dan sanksi tersebut tetap berlaku.

Wakil Tetap AS Robert Wood mengatakan bahwa veto Rusia tidak lebih dari upaya “untuk membungkam penyelidikan obyektif independen terhadap pelanggaran Dewan Keamanan DPRK”.

Dia mengatakan veto tersebut digunakan semata-mata karena panel tersebut dalam beberapa bulan terakhir mulai melaporkan “pelanggaran terang-terangan” dan pelanggaran sanksi yang terus-menerus “di dalam yurisdiksi Rusia”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Presiden Jokowi bertakziah ke rumah duka almarhumah Mooryati Soedibyo di daerah Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (24/04/2024). (Foto: BPMI Setpres/Kris) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertakziah ke rumah duka almarhumah...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist