Search

Singkat Berita Dunia: Kekerasan di Myanmar meningkat, pujian atas respons pengungsi Brasil, tahanan Baháí di Yaman

Aulanews.id – “Tim kami di lapangan sangat khawatir dengan laporan terbaru tentang meningkatnya kekerasan dan kehancuran yang terjadi di kota Buthidaung dan Maungdaw,” kata Juru Bicara PBB Stéphane Dujarric, saat memberi pengarahan kepada wartawan di Markas Besar PBB pada hari Senin.

Kekerasan yang kembali terjadi dan perusakan properti di Buthidaung berpotensi mengakibatkan puluhan ribu warga sipil mengungsi, sebagian besar warga Rohingya. Militer Myanmar telah memicu ketegangan antara Rohingya dan etnis Rakhine, kata ketua hak asasi manusia PBB Volker Türk dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.

“Ini adalah periode kritis ketika risiko kejahatan kekejaman lebih lanjut menjadi sangat akut,” katanya, sambil menyerukan kepada pemberontak dari Tentara Arakan dan pasukan Pemerintah untuk menghentikan pertempuran.

Baca Juga:  Afghanistan: Kembalinya Taliban ke 'norma internasional' tidak bisa dinegosiasikan, kata kepala misi PBB

Makanan hampir habisDi ibu kota Rakhine, Sittwe, terdapat laporan mengenai kekurangan pangan dan uang tunai, melonjaknya harga pasar, kelangkaan air, dan penyebaran penyakit yang ditularkan melalui air. Bantuan kemanusiaan dan layanan penting sangat terganggu, kata Dujarric.

“Kami menyerukan kepada semua pemimpin militer dan politik serta tokoh-tokoh masyarakat untuk melakukan peran mereka dalam meredakan dan meredakan upaya-upaya yang memicu kembali ketegangan antarkomunitas, khususnya antara etnis Rakhine dan Rohingya, dan untuk menghindari terulangnya kekejaman hak asasi manusia di masa lalu seperti yang kita alami. terlihat di Negara Bagian Rakhine,” kata Dujarric.

Mr Türk meminta Bangladesh “untuk sekali lagi memperluas perlindungan kepada orang-orang rentan yang mencari keselamatan dan agar komunitas internasional memberikan semua dukungan yang diperlukan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist