Search

Singkat Berita Dunia: Anak-anak di Kongo Timur, Hukuman Mati di Iran, Dukungan untuk Haiti

Aulanews.id – Mengakhiri kunjungan lima hari ke wilayah tersebut, Wakil Direktur UNICEF Ted Chaiban mencatat bahwa pertempuran telah mencapai tingkat baru dan menciptakan krisis kemanusiaan terburuk di sana sejak tahun 2003.

Ia menyoroti meningkatnya kekhawatiran akan perlindungan hak-hak anak dan warga sipil seiring dengan memburuknya situasi.

Pelanggaran berat meningkat“Anak-anak dibunuh, menjadi cacat, diculik, dan direkrut oleh kelompok bersenjata dengan pelanggaran berat yang terverifikasi sebagai pelanggaran tertinggi yang pernah ada; hak mereka atas pendidikan dan masa kanak-kanak yang aman telah hancur,” katanya.

UNICEF memperingatkan bahwa angka tertinggi sepanjang masa yaitu 7,2 juta pengungsi internal di Kongo bagian timur dapat bertambah seiring dengan semakin banyaknya kelompok bersenjata yang menguasai lebih banyak wilayah, dan seiring dengan meluasnya pertempuran.

Perkembangan ini terjadi bersamaan dengan kepergian misi penjaga perdamaian PBB dari negara tersebut.

Baca Juga:  Gaza: Hampir 600 serangan layanan kesehatan sejak dimulainya perang, kata WHO

“Kami melihat semakin banyak anak-anak yang terbunuh dan terluka seiring dengan peralihan ke penggunaan senjata yang lebih berat dan canggih,” kata Chaiban.

Saat berada di wilayah tersebut, ia bertemu dengan pihak berwenang Kongo dan mengunjungi lokasi yang menampung ribuan keluarga pengungsi.

“Satu-satunya cara untuk mengurangi penderitaan ini adalah dengan menggandakan upaya para aktor regional dan komunitas internasional untuk menegosiasikan solusi politik terhadap konflik tersebut, termasuk proses Luanda, dialog Nairobi dan upaya diplomatik lainnya,” katanya.

Pakar hak asasi manusia mendesak Iran untuk mencabut hukuman mati terhadap aktivisPakar hak asasi manusia yang ditunjuk PBB pada hari Senin mendesak Iran untuk mencabut hukuman mati terhadap seorang aktivis antikorupsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id, Jeddah – Dua kelompok terbang (kloter) jamaah haji Indonesia yaitu JKG 27 dan kedatangan gelombang dua di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAIA) Jeddah pukul 3.30 waktu Arab Saudi...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist