Search

Sepertiga Armada Laut Hitam Rusia Tenggelam atau Lumpuh

Aulanews.id – Angkatan Laut Ukraina mengklaim telah menenggelamkan atau menonaktifkan sepertiga dari seluruh kapal perang Rusia di Laut Hitam dalam waktu sedikit lebih dari dua tahun perang. Dmytro Pletenchuk dari angkatan laut mengatakan serangan terbaru pada malam Sabtu menghantam kapal pendaratan amfibi Rusia, Kostiantyn Olshansky, yang berlabuh di dermaga di Sevastopol di Krimea yang diduduki Rusia. Kapal tersebut merupakan milik Ukraina sebelum ditangkap oleh Rusia pada tahun 2014.

Dilansir dari theguardian.com, Pletenchuk sebelumnya mengumumkan bahwa dua kapal pendaratan lainnya dari jenis yang sama, Azov dan Yamal, juga rusak dalam serangan pada hari Sabtu bersama dengan kapal intelijen Ivan Khurs. Dia mengatakan serangan akhir pekan ini, menggunakan rudal Neptune buatan Ukraina, juga mengenai fasilitas pelabuhan Sevastopol dan sebuah depot minyak. “Tujuan utama kami adalah tidak adanya kapal perang dari Federasi Rusia yang disebutkan di wilayah Laut Azov dan Laut Hitam,” kata Pletenchuk.

Baca Juga:  Zelenskiy Mengatakan Bahwa Tanpa Bantuan AS, Pasukan Ukraina Harus Mundur

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, telah menggantikan sekretaris Dewan Keamanan Nasional Ukraina, Oleksiy Danilov, dengan Oleksandr Lytvynenko, 51 tahun, kepala dinas intelijen luar negeri. Danilov telah menjabat sebagai sekretaris dewan sejak Oktober 2019. Zelenskiy mengatakan Danilov akan dipindahkan ke tugas baru, dengan rincian akan diumumkan nanti. “Penguatan Ukraina dan pembaharuan sistem negara kita di semua sektor akan terus berlanjut.”

Ukraina telah melakukan serangan udara lebih lanjut di Belgorod, tepat di seberang perbatasan di dalam Rusia. Gubernur regional, Vyacheslav Gladkov, melaporkan kerusakan di darat dan mengklaim pertahanan udara menanggapi 18 target masuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Penderitaan juga bertambah dan kemungkinan akan menjadi lebih burukJustin Brady, kepala kantor bantuan kemanusiaan PBB, OCHA, di Sudan, memperingatkan UN News. โ€œTanpa sumber daya yang lebih banyak, kita...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist