Search

“Sekarang adalah waktunya untuk melepaskan kekuatan perdamaian Afrika,” kata Guterres kepada Dewan Keamanan

Aulanews.id – “Sekarang adalah waktunya untuk melepaskan kekuatan perdamaian Afrika,” katanya, membuka perdebatan mengenai peran penting Afrika dalam mengatasi tantangan keamanan dan pembangunan global, yang diselenggarakan oleh Mozambik, presiden Dewan tersebut pada bulan Mei.

Menyebut Afrika “suara penting untuk kebaikan global”, ia mengutip contoh bagaimana benua ini telah menunjukkan “persatuan dan solidaritas di dunia yang terpecah belah”, yang mencakup fokus pada pengentasan kemiskinan dan kelaparan, mendukung pengungsi, mencapai pembangunan berkelanjutan, dan mendorong reformasi sistem keuangan global yang telah berusia puluhan tahun.

Gencatan senjata untuk Sudan Bapak Guterres mengatakan bahwa meskipun upaya seperti ini memerlukan perdamaian di Afrika dan sekitarnya, “terlalu banyak warga Afrika yang terjebak dalam konflik atau hidup dalam bahaya terorisme dan ekstremisme kekerasan yang tiada henti di komunitas mereka.”

Baca Juga:  Sekjen PBB berduka atas kehilangan Presiden Iran dalam kecelakaan helikopter

Menyikapi perang dan “mimpi buruk kemanusiaan yang semakin mendalam” di Sudan, ia memperingatkan bahwa meningkatnya permusuhan di El Fasher “membuka babak baru yang mengkhawatirkan” dalam konflik tersebut, yang kini memasuki tahun kedua.

Kita memerlukan dorongan global yang terpadu untuk melakukan gencatan senjatadiikuti dengan proses perdamaian komprehensif untuk mengakhiri pertumpahan darah,” katanya.

Sekretaris Jenderal António Guterres berpidato di pertemuan Dewan Keamanan tentang pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional Negara-negara Afrika.

Bungkam senjatanya Guterres menguraikan tiga langkah untuk memperkuat kepemimpinan perdamaian Afrika, baik di benua ini maupun di panggung global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro membuka acara Lari Gembira Bersama Olympians dalam rangka memperingati Hari Olimpiade...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist