Search

Sebagian Besar Jamaah yang dirawat di KKHI Madinah Sudah Kembali ke Hotel

Aulanews.id, Madinah – Sebagai besar Jamaah Haji Indonesia yang sempat mendapat perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di si Madinah secara berkala berangsur-angsur kembali ke hotel masing-masing.

Hal tersebut dinyatakan Kepala PPIH Daerah Kerja Madinah, Ali Machzumi usai memantau kondisi kesehatan jamaah di KKHI Madinah, Kamis siang waktu Arab Saudi.

“Kita cek tadi ada yang dirawat. Sebagian besar yang dirawat sudah kembali ke hotel. Alhamdulillah sudah sehat,” jelas Ali Machzumi.

Dalam pemantauannya, Ali langsung disambut Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah Karmijono beserta jajaran. Keduanya langsung masuk ke ruang perawatan dan berbincang dengan peserta calon haji yang dirawat.

Dari perbincangannya, rata-rata jamaah yang dirawat adalah mereka yang kelelahan serta memiliki komorbid. Tak sedikit jamaah yang langsung pergi ke Masjid Nabawi setibanya di Madinah.

Baca Juga:  Kesehatan Jamaah Haji Lansia Diprioritaskan

Padahal, jamaah kerap diingatkan untuk lebih dulu beristirahat dan tidak memaksakan diri beribadah di Masjid Nabawi. Namun karena semangat mereka yang tinggi, jamaah kerap memaksakan diri meski kondisi masih belum stabil imbas perjalanan panjang.

Selain itu, jamaah juga banyak yang lupa membawa obat pribadi atau tidak disimpan di saku baju maupun tas pinggang. Sehingga ketika waktunya minum obat rutin, menjadi tak terminum dan membuat komorbid kembali kambuh.

Hal lainnya yang membuat kondisi kesehatan menurun adalah jarang minum air dan menahan kencing. Jamaah menganggap dirinya tidak haus, atau sama sekali tidak minum agar tidak kencing saat berada di Nabawi.

“Karena saat ini sudah mulai pendorongan ke Makkah jamaah, kita harapkan jamaah bisa segera pulih,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – PT Pertamina (Persero) melalui beberapa subholding dan anak perusahaannya berhasil menjalankan program Unlock Value sepanjang tahun 2023. Sebagai informasi, Unlock Value merupakan program unggulan Pertamina untuk meningkatkan kinerja...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist