Search

Sambil Kebut Proyek Jalan Tol IKN Segmen 5A, Waskita Lakukan Sejumlah Inovasi Agar Pekerjaan Lebih Efektif

Aulanews.id – PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (kode saham: WSKT) tengah kebut pembangunan proyek konektivitas infrastruktur jalan tol yaitu, Jalan Tol IKN Segmen 5A.

Kini, progresnya telah mencapai 83,57%.

SVP Corporate Secretary Perseroan, Ermy Puspa Yunita mengatakan, saat ini progres pekerjaan proyek Jalan Tol Segmen 5A mengalami deviasi percepatan dari rencana sebelumnya.

“Perseroan berkomitmen untuk menyelesaikan salah satu bagian pembangunan infrastruktur konektivitas yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan dapat digunakan untuk mobilitas penyeleggaraan HUT ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 202,” papar Ermy.

“Jalan tol ini dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan antara IKN dan Balikpapan hingga 45 menit dengan jarak 57km,” tambahnya.

Baca Juga:  KAI Meriahkan Festival Jelajah Kuliner Nusantara dengan Hadirkan UMKM Binaan serta Diskon Tiket KA

Dalam pembangunannya, tim proyek Jalan Tol IKN Segmen 5A melakukan pengembangan inovasi dari sisi QHSE, teknik maupun digitalisasi yang bertujuan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif, efisien, dan tentunya tepat mutu.

Pertama, tim proyek melakukan inovasi dengan mengembangkan Sistem Penakar Hujan Otomatis yang mudah dibaca dan diakses via internet.

Manfaatnya untuk mengukur curah hujan dengan mempertimbangkan faktor-faktor keselamatan saat melakukan pekerjaan lapangan yang dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan.

Selain itu, tim proyek melakukan optimalisasi pengambilan data fotogrametri dengan drone PPK (Post Processing Kinematic) DJI Mavic 3E.

PPK adalah salah satu metode pengamatan dalam GNSS (Global Navigation Satelite System) / base station dimana titik dan alatnya bergerak sesuai dengan area pengukuran.

Baca Juga:  HKA Perluas Jangkauan Operasi Jalan Tol dengan Menambah Tiga Ruas Baru

PPK memiliki keunggulan karena tidak memerlukan koneksi radio real-time ke pesawat dari base station sehingga penyimpanan data lebih cepat dan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro membuka acara Lari Gembira Bersama Olympians dalam rangka memperingati Hari Olimpiade...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist