Search

Psikologi Warna Pada Film, Makna Warna Ciptakan Pengalaman visual yang Berkesan

Aulanews.id – Sebagai filmmaker, perlu untuk memanfaatkan segala hal yang tersedia dalam pembuatan film baik dalam segi pencahayaan, teknik suara, dan perlengkapan pendukung lainnya. Dari sekian aspek yang ada, warna merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pembuatan sebuah film.

 

Penggunaan warna tersebut tidak terbatas mengenai gradasi warna, koreksi warna, atau bahkan kualitas warna pada kamera. Hal ini tentang desain produksi di mana warna adalah bentuk representasi suasana dari karakter dalam film.

 

Ini merupakan cara halus untuk membuat sebuah pemandangan beresonansi secara emosional, tidak ada cara yang lebih baik selain memilih warna yang terkait dengan emosi yang ingin dibangkitkan dalam sebuah karya film.

Baca Juga:  Ngerii! Belum Ada Seminggu Tayang, Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon Tembus 1 Juta Penonton

 

Dilansir dari nofilmschool.com, berikut adalah makna psikologis dari warna – warna yang digunakan dalam karya film.

 

Panduan mewarnai dalam film

Psikologi warna dalam film merupakan penggunaan warna secara strategis untuk membangkitkan respons emosional dan psikologis tertentu dari penonton.

 

Pembuat film menggunakan pilihan warna untuk meningkatkan penceritaan, mengembangkan karakter, dan menciptakan suasana yang mendalam. Setiap warna membawa asosiasi dan konotasinya sendiri sehingga memengaruhi persepsi dan perasaan orang yang melihatnya.

 

Dengan menerapkan psikologi warna, pembuat film memanfaatkan reaksi bawah sadar penonton, sehingga mengintensifkan dampak adegan dan narasi.

 

Baik melalui penggunaan bayangan yang mengganggu, warna-warna cerah dari latar romantis, atau skema monokromatik dari masa depan distopia, psikologi warna memperkuat resonansi emosional konten film dan TV sehingga memperkaya pengalaman menonton secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Mantan pemain dan pelatih PERSIB, Asep Sumantri melengkapi perjalanan hidupnya dengan kesuksesan. Setelah turut berkontribusi mengantarkan PERSIB menjadi juara, baik sebagai pemain maupun asisten pelatih, Ujeb – sapaan...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist