Search

Prabowo Kuasai Sebaran Pemilih Parpol

Aulanews.id – Survei Indonesia Political Opinion (IPO) mendapati kecenderungan pemilih dari sembilan partai politik lebih banyak memilih bakal calon presiden Prabowo Subianto. Dalam survei yang dilakukan di rentang 5 Juni hingga 13 Juni 2023, pemilih Prabowo didominasi pemilih PKB yakni 43,8 persen, Gerindra 66,4 persen, Golkar 41,5 persen, Nasdem 39,8 persen, Demokrat 34,7 persen hingga PPP sebanyak 37,5 persen. “Gerindra wajar ya karena ke partainya sendiri. Tetapi Golkar juga masih dominasi ke Prabowo, Nasdem pun sama, Demokrat dan PPP juga meski sudah berkoalisi dengan koalisi PDIP,” ujar Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah saat Rilis survei “Peta Elektoral Koalisi Partai & Capres-Cawapres Jelang Pemilu 2024” di Hotel Tamarin Jakarta, Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Baca Juga:  TPN Ungkap Alasan Ganjar-Mahfud Ingin Wujudkan Ekonomi Biru

Dedi menjelaskan, untuk pemilih yang memenangkan bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan didominasi oleh pemilih PKS dengan 47 persen dan PAN 45,2 persen. Meskipun hingga saat ini PAN belum memutuskan berkoalisi dan mendukung bakal capres manapun, pemilihnya justru lebih condong kepada Anies. “Jadi mungkin PAN harusnya masuk ke Koalisi Perubahan karena pemilihnya sudah mayoritas di Anies,” ujarnya.

Sedangkan bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo didominasi pemilih dari partai PDIP dengan 58,4 persen. Dedi menilai perolehan ini belum dikatakan mayoritas mengingat sisa suara tersisa dari PDIP memilih calon lain yakni Prabowo Subianto mendapat suara dari pemilih PDIP sebesar 29,6 persen.

Baca Juga:  Daerah Lain Stop PTM di Kala Anies Tunggu Restu Luhut

Begitu juga Anies mendapat suara dari pemilih PDIP sebesar 8,5 persen. “Yang memenangkan Ganjar itu cuma satu yakni PDIP itu pun tidak dominan karena 58,4 persen dari basis suara 21 persen yang memilih parpol tadi, separuhnya lebih sedikit lah memilih Ganjar berarti separuhnya yang lain ke Prabowo dapat 29,6 persen bahkan Anies ada 8,5 persen,” ujarnya.

Aulanews.idย โ€“ย DAMRI bekerja sama denganย Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menggelar kegiatan Donor Darah di SBU Trans DAMRI MAC, Klender, Jakarta Timur pada Kamis (18/4). Kegiatan Donor Darah dimulai pukul 09.00...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist