Search

Pertamina Jalin Kolaborasi Bangun Energi Berkelanjutan IKN

Aulanews.id – PT Pertamina (Persero) menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun energi berkelanjutan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Berperan pimpin transisi energi, Pertamina berupaya mewujudkan ekosistem energi berkelanjutan (sustainability) di IKN.

Dengan demikian, hal itu dapat tercapai visi IKN sebagai kota terbaik dunia sekaligus berkontribusi pada pencapaian Net Zero Emission (NZE) Indonesia.

“Menghadapi tantangan iklim di masa depan, inovasi dalam energi berkelanjutan perlu ditingkatkan,” jelas Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso.

“Pertamina fokus untuk mengembangkan inovasi ini melalui berbagai cara, mulai dari mempersiapkan talenta penggerak sustainability hingga mendorong riset sumber energi alternatif yang tepat,” tambahnya.

Untuk mempercepat visi energi berkelanjutan ini, Pertamina membuka sinergi dengan berbagai pihak seperti lembaga negara, mitra bisnis asing maupun nasional, serta perguruan tinggi dan akademisi dari dalam dan luar negeri.

Baca Juga:  Erick Thohir: Maulid Jadi Momen Akselerasi Ekonomi Syariah

Fadjar mengungkapkan, komitmen ikut serta membangun energi berkelanjutan di IKN sejalan dengan konsep IKN, yakni Smart City Forest.

Inisiasi atas komitmen ini, salah satunya ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang pembangunan Pertamina Sustainable Energy Center dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), pada September 2023 lalu.

Pertamina juga menggandeng Bakrie Group untuk mengembangkan Nusantara Sustainability Hub.

Kedua pihak juga membuka peluang kerja sama dengan universitas untuk memperkaya riset di sektor keberlanjutan, termasuk riset pemanfaatan teknologi hijau dan rendah emisi.

Sinergi juga dilakukan oleh subholding, salah satunya Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) yang telah menjalin kerja sama dengan OIKN untuk melakukan studi bersama, mendukung pembangunan IKN yang berkonsep modern, hijau dan berkelanjutan dengan solusi berbasis alam dan ekosistem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro membuka acara Lari Gembira Bersama Olympians dalam rangka memperingati Hari Olimpiade...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist