Search

Perkuat Destinasi Wisata Yogyakarta

Aulanews.id – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang dikenal sebagai destinasi wisata budaya dan alam. Namun, nantinya tak hanya budaya dan alam yang bisa dinikmati wisatawan. Akan ada juga layanan kesehatan juga bisa dijadikan sebagai health tourism (wisata kesehatan).

Menurut Direktur Wisata Alam, Budaya, dan Buatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Alexander Reyaan, saat ini terdapat tiga destinasi wisata yang digaungkan sebagai destinasi wisata kesehatan.

โ€œSaat ini kami baru sementara fokuskan pada Yogyakarta, Solo, dan Bali. Ketiga daerah ini punya kekhususan dalam potensi wisata kesehatan yang berbeda-beda,โ€ ujar dia.

Menyambut hal itu, Kepala Balai Laboratorium Kesehatan dan Kalibarasi Yogyakarta Woro Umi Ratih mengatakan bahwa salah satu kebutuhan untuk menyokong DIY sebagai destinasi kesehatan dan kebugaran adalah kelengkapan laboratorium. Lengkapnya jenis laboratorium berbasis bioteknologi membiat peluang datang ke Yogyakarta lebih tinggi. Tak hanya memeriksakan kesehatan, tetapi juga bisa sekaligus berwisata.

“Yogyakarta, akhirnya punya laboratorium pertama yang bisa melakukan uji epigenetik. Ini akan mendorong orang tak harus pergi jauh ke kota besar atau luar negeri jika ingin mendapatkan layanan itu,” kata dia saat peluncuran Uji Epigenetika Laboratorium Widya Genomic Nusantara, Senin (19/6/2023).

Baca Juga:  Kemenag Terbitkan Buku Digital Pedoman Manasik Haji Lansia

Menurut Woro, profiling epigenetik menjadi salah satu layanan yang belum banyak ditemui di kota-kota besar di Indonesia.

Ia menjelaskan, uji epigenetika bertujuan atau berfungsi untuk membantu seseorang mengetahui usia biologisnya.

Pengetahuan kondisi biologis ini menjadi indikator yang terbaik untuk menilai gaya hidup seseorang baik atau tidak, sehingga, membantu seseorang mengetahui hal hal apa yang perlu diperbaiki untuk bisa hidup lebih sehat.

Aulanews.id – Penderitaan juga bertambah dan kemungkinan akan menjadi lebih burukJustin Brady, kepala kantor bantuan kemanusiaan PBB, OCHA, di Sudan, memperingatkan UN News. โ€œTanpa sumber daya yang lebih banyak, kita...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist