Search

Perang yang sedang berlangsung di Sudan menghambat kemajuan di wilayah Abyei yang disengketakan

Aulanews.id – Terlepas dari tantangan-tantangan ini, PBB tetap siap untuk mendukung kedua belah pihak, bekerja sama erat dengan Uni Afrika, setelah mereka melanjutkan perundingan politik, kata Jean-Pierre Lacroix, saat memberikan pengarahan kepada para duta besar di Dewan Keamanan.

Ketegangan antarkomunitasSituasi di Sudan juga memperburuk ketegangan antarkomunitas di Abyei, yang ditandai dengan bentrokan baru-baru ini terkait penggembalaan ternak yang mengakibatkan banyak korban jiwa di antara komunitas Misseriya dan Nuer.

“Selama akhir pekan, UNISFA mengadakan pertemuan dengan perwakilan Misseriya, Nuer dan Ngok Dinka untuk memberikan dukungan bagi penyelesaian konflik secara damai. Dengan tingginya ketegangan, dukungan politik untuk dialog antara suku Nuer dan komunitas lain di Abyei sangatlah penting,” tambah Tuan Lacroix.

Baca Juga:  Berita Singkat Dunia: Ketua Hak Asasi Manusia kecewa atas undang-undang anti-LGBT di Uganda, kabar terbaru di Haiti, bantuan untuk Sudan, peringatan eksekusi di Mesir

Wakil Sekretaris Jenderal Lacroix memberi pengarahan kepada Dewan Keamanan. Tantangan kemanusiaanIa mengatakan kondisi kemanusiaan di Abyei semakin memburuk, dan wilayah tersebut menghadapi kelangkaan barang dan jasa penting. Krisis ini diperparah dengan masuknya orang-orang yang melarikan diri dari konflik di Sudan.

Meskipun iklim keamanan bergejolak, yang terus berdampak pada operasi mereka, badan-badan PBB dan mitra mereka berkomitmen untuk memberikan bantuan yang diperlukan.

“Empat personel kemanusiaan yang sedang tidak bertugas tewas dalam bentrokan yang meningkat pada akhir Januari dan awal Februari, dan sekitar 20.000 orang di Abyei diperkirakan mengungsi selama periode ini,” tambahnya.

Pada periode yang sama juga terjadi dua pasukan penjaga perdamaian PBB yang terbunuh dalam aksi permusuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Volker Türk, Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB, menyuarakan kengeriannya atas semakin banyaknya korban jiwa warga sipil di wilayah kantong yang dilanda perang tersebut. “Gambar-gambar dari kamp itu...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist