Search

Penemuan Baterai Pasir Raksasa dapat Menyimpan Energi hingga Satu Bulan untuk Seluruh Kota

Aulanews.id – Sebuah kota di Finlandia kemungkinan besar akan mendapatkan sebagian besar panasnya dari baterai pasir raksasa dalam waktu dekat. Baterai baru ini telah diumumkan secara resmi dan akan dibangun oleh Polar Night Energy. Ini adalah konsep yang sangat cerdas yang pada dasarnya akan terdiri dari sebuah silo besar yang diisi penuh dengan ton pasir atau material serupa.

 

Ide di sini adalah untuk memompa energi berlebih yang dihasilkan selama lonjakan dari sumber energi terbarukan dan kemudian mentransfernya ke dalam pasir menggunakan pertukaran panas. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa baterai raksasa ini mampu menyimpan panas di dalam pasir selama berbulan-bulan tanpa banyak kehilangan. Dari sana, panas dapat dikonversi kembali menjadi listrik (meskipun dengan beberapa kerugian), atau bisa digunakan untuk memberikan panas kepada rumah-rumah di dalam kota.

Baca Juga:  Penemuan Spesies Lebah Langka Menghubungkan Pegunungan Alpen Prancis dengan Daerah Terpencil di Turki dan Irak

 

Dilansir dari Bgr.com, Polar Night mengatakan bahwa dengan menggunakan sistem pemanas lokal, baterai pasir raksasa ini akan dapat melepaskan panasnya ke pipa yang membawa air panas atau uap ke rumah-rumah, bangunan, dan bahkan kolam renang. Ini akan terhubung langsung ke sistem pemanas munisipalitas Pornainen. Yang benar-benar mengesankan tentang baterai ini, adalah bahwa ia akan dapat memberikan daya keluaran sebesar 1 MW dan kapasitas sebesar 100 MWH.

 

Polar Night mengatakan bahwa jumlah ini setara dengan panas selama satu minggu di Pornainen selama musim dingin atau sebulan selama musim panas. Diperkirakan baterai ini akan memiliki tinggi sekitar 13 meter (42,7 kaki) dan lebar 15 meter (49,2 kaki). Itu ukuran yang cukup mudah dikelola mengingat seberapa banyak listrik yang akan dapat disimpannya untuk jangka waktu yang lama tanpa banyak kehilangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KEDIRI – PSS Sleman akan menjalani pertandingan ekstra krusial pada pekan ke-33 BRI Liga 1 2023/24 menantang tuan rumah Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri, Rabu (24/4) kickoff pukul 19.00...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist