Search

Pemerintah Berangkatkan Kloter Pertama Jemaah Haji 1445 H

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Minggu (12/5/2024) dini hari, melepas keberangkatan 388 jemaah haji kloter pertama Embarkasi Jakarta – Pondok Gede, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Foto: Humas Kemenag/Fadhlillah)

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Minggu (12/5/2024) dini hari, melepas keberangkatan 388 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta – Pondok Gede, dari Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Keberangkatan ini menandai dimulainya operasional haji 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Kepada pada jemaah haji yang akan diberangkatkan, Menag mengingatkan agar fokus dalam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

“Niatnya ditata dengan benar, niat Bapak-Ibu ke Tanah Suci itu beribadah, tolong jangan selipkan niat-niat lain selain niat ibadah haji di Tanah Suci,” ujarnya.

Baca Juga:  Bupati Baddrut Tamam Minta ASN Pamekasan Melek Perubahan, Ajak Kerja Inovatif, Kreatif dan Cepat.

Selain itu, Menag juga meminta para jemaah haji untuk menjaga kondisi fisik dan mengantisipasi cuaca Arab Saudi yang berbeda dengan Indonesia.

“Cuaca di Tanah Suci sangat panas, agar kondisi fisik Bapak-Ibu dijaga, makan yang cukup, minum yang cukup, vitamin juga harus diminum,” tuturnya.

Lebih lanjut, Yaqut juga meminta para jemaah untuk tidak segan meminta pertolongan kepada para petugas yang telah disiapkan oleh pemerintah.

“Kemenag [Kementerian Agama] bersama Kemenkes [Kementerian Kesehatan] sudah menyiapkan petugas-petugas yang akan dan siap melayani Bapak-Ibu sekalian. Apapun kebutuhannya sampaikan kepada petugas, jangan sungkan,” ujarnya.

Tak lupa, Menag juga mendoakan agar para jemaah dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan menjadi haji mabrur.

Baca Juga:  Kebutuhan Avtur dan BBM Pemudik Terpenuhi, Berikut Konsumsinya di Jateng dan DIY

“Sekali lagi saya ingatkan jaga fisiknya, jaga kesehatannya, ini ibadah fisik, tantangannya tentu tidak mudah. Tapi saya yakin semua siap dan kuat menjalankan ibadah di Tanah Suci,” tandasnya.

Pemberangkatan jemaah haji dari Indonesia ke Tanah Suci dibagi ke dalam dua gelombang, yaitu gelombang I yang diberangkatkan pada periode 12-23 Mei dan gelombang II  yang diberangkatkan pada 24 Mei-10 Juni. Jemaah haji gelombang I akan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, sedangkan gelombang II akan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. (HUMAS KEMENAG/UN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Jam di telepon seluler menunjukkan pukul 16.25 WIB. Di tengah kepungan Bobotoh yang memadati Jalan Sulanjana, Kota Bandung, tepat di depan Graha PERSIB hingga Balubur Town Square (Baltos),...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist