Search

Pelanggaran hak asasi manusia terjadi di Sudan yang dilanda perang

Aulanews.id – “Selama hampir satu tahun ini, laporan yang keluar dari Sudan adalah kematian, penderitaan dan keputusasaan, karena konflik yang tidak masuk akal dan pelanggaran hak asasi manusia terus berlanjut tanpa terlihat adanya akhir,” kata Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Volker Türk.

Detail laporannya beberapa serangan sembarangan oleh Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) di daerah padat penduduk antara bulan April dan Desember 2023, termasuk lokasi yang menampung para pengungsi internal, khususnya di ibu kota Khartoum, Kordorfan dan Darfur.

Pada pertengahan Desember, lebih dari 6,7 juta orang telah mengungsi akibat konflik tersebut, baik di Sudan maupun di negara-negara tetangga. Jumlah ini telah meningkat menjadi lebih dari delapan juta.

Baca Juga:  15 Jamaah Haji Wafat, Kemenkes Sebut Mayoritas Lansia dan Kena Jantung Koroner

“Laporan ini sekali lagi menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk mengakhiri pertempuran dan memutus siklus impunitas yang memicu konflik ini,” kata ketua hak asasi manusia PBB tersebut.

Bungkam senjatanyaBerdasarkan wawancara dengan 303 korban dan saksi, termasuk puluhan yang dilakukan di Ethiopia dan Chad bagian timur, dan analisis foto, video, dan citra satelit serta informasi sumber terbuka lainnya, temuan menunjukkan pola serangan berbasis etnis serta penggunaan senjata. persenjataan berat dan canggih.

Kedua pihak yang berkonflik menggunakan senjata peledak dengan dampak luas, seperti rudal yang ditembakkan dari jet tempur, kendaraan udara tak berawak, senjata antipesawat, dan peluru artileri di wilayah padat penduduk.

Minggu ini, Kantor Hak Asasi Manusia PBB meninjau bukti video yang dapat dipercaya yang menunjukkan beberapa siswa yang melakukan perjalanan melalui jalan darat di negara bagian Kordofan Utara mungkin telah melakukan perjalanan melalui jalan darat. dipenggal oleh pria berseragam SAF di Kota El-Obeid – para korban dipandang sebagai pendukung RSF berdasarkan persepsi etnis mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Bek PERSIB, Nick Kuipers ingin menjaga tren kemenangan saat menjamu Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis 25 April 2024,...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist