Search

Pejabat PBB mendesak DPR Korea untuk menghentikan aktivitas rudal dan kembali berdialog

Aulanews.id – Pada pukul 22.45 waktu setempat pada tanggal 27 Mei, DPRK, juga dikenal sebagai Korea Utara, melakukan apa yang disebutnya sebagai “peluncuran satelit pengintai Malligyong-1-1 dengan menggunakan roket pembawa satelit tipe baru” dari Peluncuran Satelit Sohae Stasiun.

Menurut DPRK, peluncuran tersebut gagal “karena ledakan udara dari roket pembawa satelit tipe baru selama penerbangan tahap pertama”. Hal ini menghubungkan kegagalan tersebut dengan “keandalan” mesin minyak-oksigen cair yang baru dikembangkan, Khaled Khiari, Asisten Sekretaris Jenderal di Departemen Urusan Politik dan Pembangunan Perdamaian (DPPA), mengatakan kepada para duta besar di Dewan Keamanan.

Pengembangan satelit pengintaian militer adalah bagian dari rencana pengembangan militer lima tahun Korea Utara, yang diumumkan pada Januari 2021.

Baca Juga:  Ratu Elizabeth Tutup Usia, Ini Sosok Ratu Inggris Terlama

Sejak tahun 2022, negara ini telah meningkatkan aktivitas peluncuran rudalnya secara signifikan, termasuk lebih dari 100 peluncuran menggunakan teknologi rudal balistik, yang melanggar resolusi Dewan Keamanan terkait. Tahun ini saja, DPRK telah meluncurkan dua rudal balistik berbahan bakar padat jarak menengah pada bulan Januari dan April.

Pelanggaran larangan Dewan KeamananMenjelang peluncuran terbaru, DPRK mengeluarkan pemberitahuan kepada Penjaga Pantai Jepang tetapi tidak memberi tahu badan khusus PBB – Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) atau Persatuan Telekomunikasi Internasional (ITU).

“Peluncuran yang tidak diumumkan oleh DPRK merupakan risiko serius bagi penerbangan sipil internasional dan lalu lintas maritim,” dia memperingatkan.

Asisten Sekretaris Jenderal Khiari memberi pengarahan kepada Dewan Keamanan.

Baca Juga:  Rusia Hancurkan Rudal S-200 Ukraina Saat Serang Moskow

Dia juga menggarisbawahi perlunya negara tersebut mematuhi kewajiban internasionalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro membuka acara Lari Gembira Bersama Olympians dalam rangka memperingati Hari Olimpiade...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist