Search

PBNU Putuskan Mabit di Muzdalifah dengan Murur Hukumnya Sah

Aulanews.id, Jakarta – Keputusan terkait mabit (bermalam) di Muzdalifah dengan cara murur telah diputuskan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Melalui Musyawarah Pengurus Besar Harian Syuriyah Nahdlatul Ulama pas Selasa (28/5/2024), diputuskan bahwa mabit di Muzdalifah dengan cara murur tersebut hukumnya sah.

Sebagaimana diketahui, Mabit di Muzdalifah dengan cara murur adalah mabit (bermalam) yang dilakukan dengan cara melintas di Muzdalifah, setelah menjalani wukuf di Arafah. Jemaah saat melewati kawasan Muzdalifah tetap berada di atas bus ( tidak turun dari kendaraan), lalu bus langsung membawa mereka menuju tenda Mina.

“Musyawarah Pengurus Besar Harian Syuriyah memutuskan bahwa Mabit di Muzdalifah secara murur hukumnya sah jika murur di Muzdalifah tersebut melewati tengah malam tanggal 10 Dzulhijjah, karena mencukupi syarat mengikuti pendapat wajib mabit di Muzdalifah,” demikian dikutip dari Lampiran Keputusan Pengurus Besar Harian Syuriyah NU, Jumat (31/5/2024).

Baca Juga:  Saudi Panas, Dubes RI Harap Jamaah Pertimbangkan Kemampuan Fisik saat Beribadah

Dijelaskan juga, jika mabit di Muzdalifah secara murur tersebut belum melewati tengah malam tanggal 10 Dzulhijjah, maka dapat mengikuti pendapat bahwa mabit di Muzdalifah hukumnya sunnah. Hal ini berdasarkan keterangan beberapa ulama. Misalnya, dalam Hasyiyah al-Jamal ‘ala Syarh al-Manhaj dijelaskan bahwa berkenaan ungkapan Zakariya al-Anshari tentang wajib mabit sebentar, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa mabit hukumnya sunnah. Imam Ar-Rafi’i bahkan mengunggulkan pendapat ini.

Dalam Hasyiyah Ibn Hajar ‘ala Syarh al-Idhah, dijelaskan juga tentang dua pendapat asy-Syafi’I tentang Mabit di Muzdalifah, wajib dan sunnah. Bila seseorang mengikuti pendapat yang mengatakan mabit itu wajib, maka dam-nya wajib. Apabila seseorang mengikuti pendapat yang mengatakan mabit itu sunnah maka dam-nya sunnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist