Search

PBAK UIN Malang, Kemenag Gembleng Moderasi Beragama Terhadap Mahasiswa Baru PTKI

Aulanews.id – Para mahasiswa harus belajar agama dengan benar, melalui sumber-sumber yang otoritatif dan metode yang tepat yang dilakukan oleh ahlianya. PTKI menjadi tempat terbaik untuk belajar agama.

Hal itu dikatakan Kepala Subdirektorat Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam, Kemenag RI, Ruchman Basori saat menggembleng mahasiswa baru pada Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, pada Kamis (24/08).

Dikatakan oleh Ruchman, mahasiswa harus kritis, mampu memilih dan memilah segala ilmu pengetahuan yang masuk dan tak kalah pentingnya dibarengi dengan counter terhadap paham keagamaan yang intoleran dan radikal.

Dihadapan ribuan mahasiswa baru FITK UIN Malang ini, Aktivis Mahasiswa ’98 ini prihatin dengan munculnya ujaran kebencian yang justeru dilakukan oleh kalangan terpelajar. “Mahasiswa UIN Malang harus tampil di muka mengejawantahkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin yang sesuai dengan cara beragama orang Indonesia”, katanya.

Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor Bidang Kaderisasi ini menyitir Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas yang menyampaikan tiga masalah yang dihadapi Indonesia saat ini. Pertama, munculnya kelompok yang mempertanyakan konsensus nasional. Kelompok ini ingin mengubah dasar negara Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika, yang telah dirumuskan the founding bangsa ini.

Baca Juga:  Siswa Ingat ini saat Terjadi Gempa di Sekolah

Masalah kedua lanjut Ruchman adalah kelompok yang merasa dirinya sebagai orang yang paling benar (truth claim Keagamaan). Ketiga adalah kelompok silent majority, kelompok besar yang memilih diam. Mereka adalah kategori orang-orang yang tidak peduli ketika ideologi negara terancam, ujaran kebencian merajalela dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Musim 2023/24 hampir berakhir, dan FC Barcelona akan menghadapi Rayo Vallecano dalam pertandingan terakhir di Estadi Olímpic Lluís Companys (kick-off pukul 19.00 CEST), dengan kepastian tempat di Piala...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist