Search

Pada KTT Liga Arab, Guterres menyerukan gencatan senjata di Gaza dan persatuan regional

Aulanews.id – “Perang di Gaza adalah luka terbuka yang mengancam akan menulari seluruh wilayah,” katanya.

“Dari segi kecepatan dan skalanya, ini adalah konflik paling mematikan selama saya menjabat Sekretaris Jenderal – bagi warga sipil, pekerja bantuan, jurnalis, dan rekan-rekan kita di PBB.”

Dia menekankan bahwa tidak ada yang bisa membenarkan serangan teror keji yang dilakukan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, atau hukuman kolektif terhadap rakyat Palestina.

Serangan Rafah ‘tidak dapat diterima’ Sekretaris Jenderal memperingatkan terhadap serangan terhadap Rafah, yang “tidak dapat diterima” karena “hal ini akan menimbulkan gelombang rasa sakit dan kesengsaraan ketika kita membutuhkan bantuan untuk menyelamatkan jiwa.”

Dia juga menyuarakan keprihatinan atas ketegangan di Tepi Barat yang diduduki, menyoroti lonjakan pemukiman ilegal Israel, kekerasan pemukim dan penggunaan kekuatan berlebihan oleh Pasukan Pertahanan Israel, serta pembongkaran dan penggusuran.

Baca Juga:  PBB memberikan penghormatan kepada para korban dan penyintas Genosida terhadap Tutsi di Rwanda tahun 1994

“Satu-satunya cara permanen untuk mengakhiri siklus kekerasan dan ketidakstabilan adalah melalui solusi dua negara, Israel dan Palestina hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan, dengan Yerusalem sebagai ibu kota kedua negara,” ujarnya.

“Karakter demografi dan sejarah Yerusalem harus dilestarikan, dan status quo di Situs Suci harus ditegakkan, sejalan dengan peran khusus Kerajaan Hashemite Yordania,” tambah Guterres.

Perdamaian untuk Sudan Beralih ke Sudan, Sekjen PBB mendesak masyarakat internasional untuk mengintensifkan upaya menuju perdamaian dan menyerukan pihak-pihak yang bertikai untuk menyetujui gencatan senjata yang langgeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Kiper PERSIB, Kevin Mendoza mengungkapkan kunci kemenangan timnya atas Bali United pada pertandingan leg kedua semifinal Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 18 Mei 2024...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist