Search

Niat Ibadah Terus, Jamaah Haji Tuna Netra ini Tak Mau Belanja di Mekah

Aulanews.id, Mekah – Sajariyah, Jemaah haji tuna netra asal Parepare berbahagia sekali bisa berhaji setelah menunggu 14 tahun. Bahkan, wanita berusia 65 tahun itu mengaku tak ingin berbelanja selama di Mekah.

”Senang sekali di Makkah, enak di sini. Saya di sini tak mau belanja, ingin ibadah terus,” ujarnya Selasa (28/5/2024).

Sajariyah mengaku hanya bermodal keinginan dan niat. Tuhan, kata dia, tahu kalau dirinya tak punya uang. Beruntung, Sajariyah dikelilingi oleh orang-orang yang luar biasa. Berkat bantuan sang adik dan keluarganya, ia bisa mendaftar tahun 2010. Selama masa menunggu itu, Sajariyah pun terus memperbaiki kualitas ibadahnya. Ia menjalani puasa Daud. Salat tahajud pun tak pernah luput.

Baca Juga:  Bertahap, Jamaah Haji Diberangkatkan dari Madinah ke Makkah untuk Umrah Wajib

Setelah sampai di Makkah, Sajariyah pun ingin membalas semua kebaikan orang yang pernah menolongnya. ”Saya mendoakan semua muslim di Indonesia sehat. Semuanya bisa berkunjung ke sini,” ujarnya.

Ada satu yang masih menjadi keinginan Sajariyah. Ia ingin mencium Hajar Aswad. Sajariyah yakin bisa melakukannya karena mampu merampungkan Thawaf tanpa bantuan kursi roda. Bahkan, ia melakukannya di Matof atau tempat Thawaf utama.

Namun, keinginan itu rasanya akan sulit dicapai. Kepala Daerah Kerja Makkah, Khalilurrahman meminta Sajariyah tak memaksakan diri untuk mencium Hajar Aswad. Selain karena bukan ibadah wajib, kepadatan jemaah akan menimbulkan risiko tinggi.

Meski begitu, dia mengapresiasi semangat dan kemandirian Sajariyah. Tak semua orang, kata dia, bisa seperti Sajariyah. ”Saya sangat senang melihat semangat beliau, luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga:  Giliran 37 WNI Asal Makasar Pakai Visa Ziarah Ditangkap

Semantara itu, Hafida Jufri, petugas kesehatan haji, yang mendampingi Sajariyah mengamini kemandirian perempuan itu. Keterbatasan yang ada tak membuatnya pasrah. Semangatnya untuk berhaji, kata Hafida, luar biasa. “Dia gak ada penyakit bawaan. Saya input di Siskohatkes, dia hanya bawa vitamin Enervon C dan minyak kayu putih, gak ada obat lain,” ujar Mufida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist