Search

Museum Gubug Wayang Mojokerto: Koleksi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Aulanews.id, Mojokerto – Salah satu wisata edukasi di Kota Mojokerto, yakni Museum Gubug Wayang. Museum ini berlokasi di Jalan RA Kartini nomor 23, Kelurahan Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

Di wisata ini, pengunjung dapat melihat beragam jenis wayang, topeng, terakota, keris, dan mainan tradisional.

Arsitektur bangunan museum ini bergaya kolonial belanda dan dihiasi sejumlah bendera merah putih. Gedung ini bertingkat tiga. Setiap tingkat berisi koleksi yang berbeda.

Memasuki kawasan museum, wisatawan akan disambut dengan dua arca Dwarapala di depan pintu. Jika kunjungan bertepatan pada hari Sabtu, pengelola menampilkan penembang Macapat.

Di lantai pertama, wisatawan dapat melihat beragam koleksi boneka Serial Film Si Unyil yang populer tahun 1980-2000. Boneka-boneka ini asli buatan Suryadi atau lebih populer dipangil Pak Raden.

Baca Juga:  Pohon Tumbang Menimpa Warung Kopi di Mojokerto

Tak hanya boneka, juga ada miniatur Desa Suka Maju, pedesaan fiksi di alur cerita Serial Si Unyil. Masih di lantai pertama, wisatawan pasti dibuat takjub dengan koleksi satu set pagelaran wayang kulit lengkap dengan alat musik tradisional dan sosok dalang.

Kemudian di lantai kedua ada beragam jenis wayang dari berbagai daerah buatan tokoh-tokoh ternama di Indonesia, seperti wayang golek Tegal, wayang golek raksasa, wayang Potehi, wayang suket karya Ki Gepuk dari Rembang, wayang Sodo berbahan lidi karya Marsono asal Gunung Kidul, dan masih banyak yang lainnya.

Koleksi kaset tempo dulu sampai modern juga ada di lantai dua museum gubug wayang. Puluhan topeng dengan aneka ragam karakter juga dipajang di dinding. Namun, wisatawan dilarang menyentuh, apalagi mengambilnya. Karena khawatir rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Setelah satu musim dipinjamkan ke Beveren, apakah Anda merasa siap untuk mengambil langkah maju ketika kembali ke klub? Sebelum saya dipinjamkan, percakapan saya dengan pelatih adalah tentang mempersiapkan...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist