Search

Motor Listrik Hasil Konversi Anak Bangsa Masuk Pasar Eropa

Aulanews.id – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki melakukan penandatanganan Scooter edisi khusus yang menjadi bentuk simbolis karya lokal yang akan masuk ke pasar mancanegara melalui Vespa World Day 2023.
Penandatanganan tersebut dalam rangka untuk dukungan penuh kepada bengkel konversi motor listik Elders Garage, yang akan membawa konversi motor listrik karya anak bangsa ke negara-negara Eropa.

Menurut Teten saat ini Indonesia dapat mengambil bagian dalam supply chain kendaraan listrik. Pelaku UMKM utamanya bengkel dapat mengambil peran penting. Pemerintah memberikan subsidi Rp7 juta per motor berumur 10 tahun yang mau konversi ke listrik.

โ€œIni menjadi kesempatan bagi bengkel-bengkel UMKM konversi untuk ikut ambil bagian. Elders Garage sudah siap mendampingi bengkel tersebut,” kata Teten usai menandatangani Scooter edisi khusus yang menjadi bentuk simbolis karya lokal yang akan masuk ke pasar mancanegara melalui Vespa World Day 2023.

Baca Juga:  Sri Mulyani: Pemerintah Terus Dukung PLN Listriki Daerah 3T Lewat PMN

Teten bercerita pihaknya juga telah diminta oleh Kementerian ESDM untuk menyiapkan bengkel konversi motor listrik. Teten menekankan, pemerintah harus menyasar bahan baku konversi yang disiapkan oleh bengkel UMKM dalam mengonversi kendaraan konvesional menjadi kendaraan listrik.

“Jadi harus disasar oleh pemerintah justru kit konversinya, karena kita bisa menjadi bagian dari produsen baterai motor atau mobil listrik. Pemerintah membuat regulasinya, pelakunya adalah sektor swasta termasuk di dalamnya bengkel,” ujarnya.

Dikarenakan kerja sama ini merupakan proyek berkelanjutan, kerja sama KemenKopUKM dan Elders Garage untuk menyiapkan bengkel konversi akan dilakukan dengan pelatihan dan penambahan peralatan bengkel.

Aulanews.id – Penderitaan juga bertambah dan kemungkinan akan menjadi lebih burukJustin Brady, kepala kantor bantuan kemanusiaan PBB, OCHA, di Sudan, memperingatkan UN News. โ€œTanpa sumber daya yang lebih banyak, kita...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist