Search

Maskapai penerbangan mendesak untuk tidak memfasilitasi transfer suaka Inggris-Rwanda

Aulanews.id – Dua tahun lalu, Inggris mengumumkan Kemitraan Migrasi dan Pembangunan Ekonomi (MEDP), yang sekarang disebut Kemitraan Suaka Inggris-Rwanda, yang menyatakan bahwa pencari suaka di Inggris akan dikirim ke Rwanda sebelum kasus mereka dapat disidangkan.

Sistem suaka nasional Rwanda kemudian akan mempertimbangkan kebutuhan mereka akan perlindungan internasional.

Pada November 2023, Mahkamah Agung Inggris menyatakan kebijakan tersebut melanggar hukum karena masalah keamanan di Rwanda. Sebagai tanggapan, Inggris dan Rwanda membuat RUU ‘Keamanan Rwanda’, yang menyatakan Rwanda sebagai negara aman, dan ketentuan lainnya.

Risiko Pengulangan Kembali Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak sedang mengupayakan agar RUU tersebut disahkan dan baru-baru ini mengatakan bahwa penerbangan pertama yang mengangkut pencari suaka akan berangkat dalam 10-12 minggu, sekitar bulan Juli, menurut laporan media internasional.

Namun, Pelapor Khusus PBB memperingatkan bahwa memindahkan pencari suaka ke Rwanda, atau ke negara lain, dapat menempatkan maskapai penerbangan dan otoritas penerbangan dalam risiko refoulement – ​​yaitu pemulangan paksa pengungsi atau pencari suaka ke negara di mana mereka mungkin menghadapi penganiayaan, penyiksaan, atau tindakan lainnya. kerugian serius – “yang akan melanggar hak untuk bebas dari penyiksaan atau perlakuan kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat lainnya.”

Baca Juga:  Mengejutkan, Gadis Ini Mengaku pernah diperkosa 400 Pria

Para ahli mengatakan bahwa “bahkan jika perjanjian Inggris-Rwanda dan RUU ‘Keselamatan Rwanda’ disetujui, maskapai penerbangan dan regulator penerbangan dapat terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia dan perintah pengadilan yang dilindungi secara internasional dengan memfasilitasi pemindahan ke Rwanda.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menghadiri Pelantikan Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Masa Khidmat 2024-2029 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (27/5). Pelantikan ini...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist