Search

Lifter Indonesia Berhasil Pecahkan Rekor dunia di IWF 2023

Aulanews.id – Lifter atau atlet angkat besi Indonesia, Rahmat Eriwn Abdullah berhasil memecahkan rekor dunia untuk angkatan clean and jerk pada Kejuaraan Dunia IWF 2023, di Riyadh, Arab Saudi, Senin.

Tak hanya itu, Rahmat juga membawa pulang satu medali emas dari clean and jerk dengan angkatan 209 kilogram.

Rekor dunia angkatan clean and jerk sebelumnya dipegang oleh lifter Bulgaria, Karlos Nasar, yang diukir pada Kejuaraan Dunia 2021 dengan angkatan seberat 208 kilogram.

“Luar biasa. Ia adalah satu-satunya lifter Indonesia yang berhasil memecahkan rekor dunia angkatan clean and jerk di dua kelas yang berbeda yakni 73kg dan 81kg. Maka ia pantas mendapat julukan ‘The King of Clean and Jerk’,” kata Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Hadi Wihardja.

“Saya optimistis. Ia mampu membawa medali di Asian Games nanti. Walaupun ia harus berlaga di Kandang Naga,” imbuhnya.

Baca Juga:  China Cabut Syarat Tes PCR Perjalanan Luar Negeri

Selain itu, Rahmat juga berhak atas medali perak berkat catatan total angkatannya, yakni 354 kilogram.

Catatan total angkatan Rahmat hanya terpaut dua poin dari pemenang medali emas asal Italia, Oscar Reyes Martinez, dengan total angkatan 356 kilogram. Adapun pemenang medali perunggu adalah Toshtemirov asal Uzbekistan dengan total angkatan 352 kilogram.

Pada jenis angkatan snatch, Rahmat hanya melakukan satu kali angkatan, yakni 145 kilogram. Ia kemudian tidak mengubah berat angkatannya itu pada kesempatan kedua dan ketiga.

Namun, pada angkatan clean and jerk yang menjadi spesialisasinya, Rahmat memulainya dengan angkatan seberat 195 kilogram. Ia kemudian menambah beban seberat lima kilogram untuk menjadi 200 kilogram pada angkatan kedua, dan berhasil mengangkatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Musim 2023/24 hampir berakhir, dan FC Barcelona akan menghadapi Rayo Vallecano dalam pertandingan terakhir di Estadi Olรญmpic Lluรญs Companys (kick-off pukul 19.00 CEST), dengan kepastian tempat di Piala...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist