Search

Kurangi Konsumsi LPG, Pemerintah Dorong Pemanfaatan Jargas di Rumah Tangga

Aulanews.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) giat mengkampanyekan penggunaan gas bumi kepada masyarakat.

Salah satu upayanya adalah dengan menghadirkan program Jaringan Gas Bumi (Jargas) untuk rumah tangga.

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Kementerian ESDM, Noor Arifin Muhammad, menjelaskan bahwa program Jargas ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan gas LPG.

“Kita bisa memanfaatkan produksi gas dalam negeri untuk pengganti LPG, serta bisa mengurangi impor dan subsidi,” ujarnya.

Hal itu disampaikan ketika noor meninjau salah satu rumah warga penerima program jargas di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5).

Ke depan, Noor berharap bahwa program jargas bisa diekspansi lebih luas dan penetrasinya bisa lebih dimasifkan, mengingat menggunakan gas bumi sejalan dengan peta jalan yang digagas pemerintah dalam hal transisi menuju energi bersih.

Baca Juga:  Pertamina Patra Niaga Pastikan Penyaluran Energi Tetap Aman Pasca Gempa Bumi di Kabupaten Dompu

Lebih lanjut, Noor mengatakan Ditjen Migas akan selalu mendukung dalam aspek keamanan dan keselamatan program jargas ini, baik dari sisi customer maupun dari perusahaan yang mengerjakan proyek jargas tersebut.

“Kami selalu mensupport dalam hal jaringan dan instalasi dari sisi safety dan operasionalnya sehingga aman dan handal,” katanya.

“Kami juga support dari para pembangun jargas ini, dalam hal ini adalah PGN,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT. PGN, Harry Budi Sidharta mengatakan bahwa jargas merupakan program yang memberikan alternatif energi lebih baik kepada masyarakat, karena lebih ramah lingkungan dan lebih murah.

“Jargas juga energi yang lebih handal dalam hal ketersediaan untuk masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Mantan pemain dan pelatih PERSIB, Asep Sumantri melengkapi perjalanan hidupnya dengan kesuksesan. Setelah turut berkontribusi mengantarkan PERSIB menjadi juara, baik sebagai pemain maupun asisten pelatih, Ujeb – sapaan...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist